Ternyata, Inilah Manfaat Tanah

Manfaat Tanah

Manfaat Tanah dan Bagaimana Cara Menjaganya

Tanah (soil) merupakan lapisan yang menempati bagian atas kulit bumi yang terdiri dari benda padat (bahan anorganik dan organik) serta air dan udara tanah. Tanah sudah dikenal sejak awal peradaban manusia terutama setelah manusia menggunakan tanah untuk bercocok tanam dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.

Manfaat Tanah Bagi Lingkungan dan Manusia

Manfaat Tanah
Manfaat Tanah

Sumber daya alam sangat banyak selain air dan udara tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang paling penting dalam kehidupan kita. Karena itu kita sebagai manusia mendapat kewajiban untuk selalau menjaga kesehatan dan kesuburan tanah.

Banyak sekali manfaat tanah yang bisa diberikan untuk lingkungan kita. Misalnya tanaman, jika tidak ada tanah mana mungkin tanaman akan tumbuh subur. Jika tanah kering dan tandus tanah pun juga akan tandus. Keberadaan tumbuhan sangatlah penting bagi kita dengan tumbuhan yang sehat akan tumbuh subur tanah yang sehat pula.

Tanah juga mempunyai manfaat menyerap serta menyimpan air dengan tanah juga bisa mencegah adanya kebanjiran.

Sebuah alasan kenapa kita harus menjaga tanah karena kita sebagai manusia butuh kepada air untuk menambah metabolisme tubuh kita dan tanah merupakan penyedia air yang paling utama.

Selain itu tanah juga bisa dugunakan untuk membuat perabotan rumah tangga dan pernak-pernik rumah.

Banyak sekali manfaat tanah yang ditawarkan kepada lingkungan dan manusia dan kita sebagai manusia sudah sepantasnya kita menjaga kesuburan tanah dan kesehatan tanah yang ada diingkungan kita.

  • Penyedia kebutuhan primer tanaman (air, udara, dan unsur-unsur hara).
  • Sebagai habitat biota tanah, baik yang berdampak positif karena terlibat langsung atau tak langsung dalam penyediaan kebutuhan primer dan sekunder tanaman tersebut, maupun yang berdampak negatif karena merupakan hama & penyakit tanaman.
  • Penyediaan unsur hara untuk tumbuhan. Ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat produksi suatu tumbuhan. Jumlah dan jenis unsur hara yang tersedia di tanah dan dibutuhkan oleh tumbuhan haruslah sesuai dan seimbang.
  • Penyedia kebutuhan sekunder tanaman (zat-zat pemacu tumbuh: hormon, vitamin, dan asam-asam organik; antibiotik dan toksin anti hama; enzim yang dapat meningkatkan kesediaan hara).
  • Penyedia makanan untuk biota tanah. Tanah menjadi habitat pengurai yang menguraikan sisa organisme mati menjadi bahan makanan yang dibutuhkan oleh tanaman dan organisme lain.
  • Memiliki nilai ekologi, yaitu mampu menyerap dan menimpan air (melindungi tata air), menekan erosi, serta menjaga kesuburan tanah.
  • Sumber bahan baku barang kerajinan atau perabot rumah tangga. Kandungan tanah liat dapat di manfaatkan manusia untuk membuat batu bata, barang-barang seni dan kerajinan, maupun alat-alat rumah tangga. Tanah liat juga dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai bahan baku genteng penutup atap rumah atau bangunan.
  • Memiliki nilai ekonomis yaitu sebagai aset yang dapat disewakan atau diperjual belikan dan mengandung barang tambang atau bahan galian yang berguna untuk manusia.

Pengertian Tanah

Tanah merupakan suatu medium alam tempat tumbuhnya tumbuhan dan tanaman yang tersusun dari bahan-bahan padat, gas dan cair. Pada bahan penyusun tanah bisa dibedakan atas partikel meneral, bahan organik, jasad hidup, air dan gas.

Fungsi Tanah