Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan


Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

Berjemur Sinar Matahari Di Pagi Hari Ampuh Tangkal Corona?

Sinar matahari pagi sendiri itu menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.

Dan Vitamin D itu dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.  Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Baca Selengkapnya https://bacamanfaat.com/jam-yang-baik-untuk-berjemur-di-pagi-hari/

Jam Yang Baik Untuk Berjemur Di Pagi Hari

Jam berapakah waktu terbaik untuk berjemur sinar matahari di pagi hari?

Seperti dikutip dari detikHealth, ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen dalam sebuah wawancara mengatakan jam 10 pagi adalah waktu terbaik karena sudah ada sinar ultraviolet B.

Jam yang baik untuk berjemur di pagi hari

“Yang kita butuhkan sebetulnya adalah ultraviolet B. Ultraviolet B ini gelombangnya lebih pendek. Itu sebabnya, kita harus tunggu sedikit mataharinya naik. Jadi, untungnya kita di khatulistiwa, jam 10 sudah ada. Itu adalah alasan kita jemurnya jam 10.00,” katanya.

Ilmuwan yang pernah meneliti vitamin D, Prof dr Siti Setiati, SpPD, KGER, MEpid, juga sependapat bahwa berjemur lebih efektif jika dilakukan tidak terlalu pagi. Lebih tepatnya, di atas jam 9 pagi.
“Iya, di atas jam 9, hasil penelitian saya tahun 2003. Mungkin perlu diteliti lagi karena sudah lama,” kata Prof Siti saat dikonfirmasi.

Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan

Berikut ini adalah berbagai manfaat matahari pagi bagi kesehatan , di antaranya:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sinar matahari dapat membantu menekan sistem kekebalan yang terlalu aktif, ini alasan mengapa sinar matahari bermanfaat mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis.

Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sel darah putih meningkat dengan paparan sinar matahari dan ini memainkan peran penting dalam memerangi penyakit dan menjaga tubuh terhadap infeksi, dan paparan sinar matahari yang cukup sangat membantu sistem kekebalan tubuh Anda.

Sumber Vitamin D

Manfaat berjemur di pagi hari bisa mendapatkan vitamin D secara cuma-cuma sebanyak yang Anda inginkan. Ketika sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D.

Menerima paparan sinar matahari selama lima menit saja sama artinya dengan memberikan 400 vitamin D pada tubuh Anda.

Membentuk dan Memperkuat Tulang

Manfaat sinar matahari pagi bagi manusia dapat menyehatkan tulang. Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Sinar matahari menjadi solusi dalam pembentukan, perbaikan tulang, dan mencegah penyakit seperti rakhitis pada anak-anak dan pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteomalasia.

Mengatasi Depresi

Manfaat sinar matahari pagi dapat membantu mengurangi depresi. Orang yang kurang terpapar sinar matahari, berisiko mengalami bentuk tertentu dari depresi yang disebut seasonal affective disorder (SAD) gangguan afektif musiman. Kondisi ini terutama terjadi di musim hujan.

Sebuah penelitian di tahun 2001 yang dilakukan oleh University of Milan, Italia menunjukkan bahwa manfaat matahari pagi dapat mengurangi lama rawat inap pada pasien penderita depresi bipolar. Ketika kamar rumah sakit tidak mendapatkan sinar matahari, lama rawat inap pasien meningkat dibandingkan dengan kamar yang mendapatkan sinar matahari.

Membantu Mengatasi Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai dengan ruam kemerahan, kulit kering, bersisik. dan kulit mudah terkelupas.

Penyakit kulit ini dikatakan sulit untuk disembuhkan. Namun terapi cahaya dapat digunakan untuk pengobatan psoriasis atau dikenal sebagai fototerapi. Sinar matahari adalah sumber cahaya yang dapat membantu mengurangi psoriasis.

Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

Meningkatkan Fungsi Otak

Selain meningkatkan kesehatan tulang dan mengatur kadar kalsium, vitamin D terkait dengan beberapa fungsi di seluruh tubuh, termasuk fungsi otak.

Satu penelitian yang dipimpin oleh ilmuwan saraf David Llewellyn dari University of Cambridge, menilai kadar vitamin D pada lebih dari 1.700 pria dan wanita berusia 65 tahun atau lebih dan hasilnya menemukan bahwa fungsi kognitif semakin berkurang ketika tingkat vitamin D rendah pada subjek tersebut.

Sementara beberapa penelitian lainnya telah menemukan bahwa sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak untuk bertanggung jawab membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

Kesimpulannya bahwa tingkat vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari dapat meningkatkan fungsi otak pada seseorang.

Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan? Jika ya, pertimbangkan untuk menambahkan suplemen vitamin D ke dalam diet Anda karena manfaatnya dapat membantu menurunkan berat badan.

Jika tidak ingin mengonsumsi suplemen vitamin D, Anda bisa mendapatkan vitamin D secara cuma-cuma hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, lho!

Perlu Anda ketahui bahwa manfaat sinar matahari pagi dapat membantu mengurangi berat badan juga. Berjemur ketika pagi sangat bagus untuk membantu menghilangkan kelebihan lemak di tubuh.

Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian di tahun 2008 di Harvard Medical School menemukan bahwa akibat kurangnya terkena sinar matahari, berisiko mengalami tekanan darah tinggi meningkat.

Selain itu, sinar matahari dapat secara langsung memengaruhi risiko penyakit kardiovaskular menurut penelitian yang sama. Tampaknya vitamin D adalah salah satu hormon yang paling kuat untuk mengatur tekanan darah.

Demikian beberapa Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan