Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

Manfaat Kencur Bagi Kesehatan – Kencur yang memiliki nama latin Kaempferia Galanga ini lebih populer di kenal di Indonesia, sedangkan untuk negara asia lainnya jarang kita temui jenis bumbu dapur ini.

Tanaman rimpang kerabatnya jahe, kunyit, kunci, temulawak dan lain-lain ini terkenal sebagai tanaman herbal yang dapat menambah nafsu makan. Kencur memiliki aroma yang khas dan menyegarkan karena rimpang kencur mengandung minyak atsiri dan senyawa flavonoid.  Selain sebagai bumbu dapur, kendur mempunyai manfaat dan khasiat untuk mengbati berbagai jenis penyakit, Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat kencur untuk kesehatan
  • Pelangsing Tubuh
Caranya : Seduh 1 rimpang kencur, 1 sendok teh tepung beras dan 1 potong gula kelapa dengan segelas air panas. Diamkan beberapa saat , setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari.
  • Menyembuhkan Migrain
Caranya : Lumatkan sepotong kencur sebesar jari, 3 cm jahe, 3 cm lempuyang, 1/2 sendok teh adasdan 5 cm pulasari sambil di tambahkan 6 sendok makan air. Peras dan tambahkan sedikit madu, minum 3 kali sehari masing – masing 2 sendok makan.
  • Menyembuhkan Asma
Caranya : Parut rimpang kencur secukupnya dan peras airnya, kemudian campur air kencur dengan 2 sendok makan madu dan satu kuning telur ayam kampung. Campur hingga rata, diamkan beberapa saat kemudian minum.
  • Menyembuhkan rematik
Caranya : Potong – potong 1 ons kencur, 1/2 ons jahe dan campur dengan 1 ons beras yang sudah di gerus beserta 1 ons biji kedawung. Kemudian rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin tambahkan air perasan jeruk nipis ( 1/2 buah saja ) dan 2 sendok teh madu. Selanjutnya minum 2 kali sehari masing – masing setengah gelas.
  • Menyembuhkan Tetanus
Caranya : Rebus 3 jari rimpang kencur dan setengah genggam daun jinten dengan 3 gelas air, tambahkan 3 jari gula enau. Rebus hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin minum 2 kali sehari.
  • Menyembuhkan Muntah masuk Angin
Caranya : Kunyah 1,5 jari rimpang kencur bersama sedikit garam, setelah halus telan kunyahan kencur tersebut bersama air hangat. lakukan 2 kali sehari.
  • Menyembuhkan Batuk
Caranya : Parut 3 potong kencur sebesar jari dan masukkan ke dalam setengah gelas air yang sudah di beri garam secukupnya, aduk dan peras dengan kain. Selanjutnya minum setiap pagi dan sore masing – masing satu resep.
  • Menyembuhkan Jerawat
Caranya : Lumatkan sepotong kencur sebesar jari, sepotong temulawak sebesar jari, 5 butir jinten, bersama sejumput asam kawak dan gula aren. Kemudian seduh dengan segelas air panas, selagi hangat saring dan beri sedikit air jeruk nipis. Minum pada pagi hari.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *