Manfaat Kayu Secang Bisa Untuk Mengatasi Diabetes

Manfaat Kayu Secang Bisa Untuk Mengatasi Diabetes – kita mengenal Kayu Secang sebagai bahan rempah-rempah tradisional. kayu secang, atau yang bernama latin Caesalpinia Sappan L adalah salah satu jenis rempah-rempah yang dimanfaatkan kulit kayu dan batang kayunya, sebagai bahan rempah. banyak orang tidak tahu kalau kayu secang merupakan salah satu tumbuhan perdu berduri dengan daun yang berukuran kecil. Buah secang sekilas mirip dengan petai cina yang berwarna kehijauan, tapi buang secang akan berubah warna menjadi kecoklatan ketika matang. Selain itu, terdapat bunga berwarna kuning atau oranye di puncaknya.

Kayu secang yang sering dijadikan sebagai ramuan tradisional memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat kayu secang bisa mengatasi beberapa penyakit mulai dari yang ringan hingga yang cukup berat.

Kayu secang mengandung beberapa senyawa penting bagi tubuh, di antaranya adalah brazilin, brasilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, terpenoid, kardenolin, fenil propana, dan antrakinon.

Selain itu, kayu secang juga mengandung asam galat, delta-a phellandrene, oscimene, resin, resorsin, dan minyak atsiri yang ada di dalam kayu secang. Kayu secang pun memiliki kandungan zat yang khas sesuai namanya, yaitu sappanchalcone dan Caesalpin P.

Berikut ini merupakan klasifikasi ilmiah dari kayu secang :

Kingdom : Plantae
Divisi : Angiospermae
Genus : Resales
Spesies : Caeselpinia Sappan L

Kandungan dari kayu secang di percaya bisa menyembuhkan atau mencegah berbagai macam penyakit seperti diabetes, penyakit kulit, diare, hingga disentri. Berikut potensi manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh, seperti dikutip dari artikel yang ditulis oleh Shrishailappa Badami dan rekannya dari J.S.S Collage of Pharmacy. Berikut ini manfaat dari Kayu Secang :

1. Antitumor

Salah satu manfaat kayu secang yang sudah banyak diteliti adalah sifat antitumornya. Ekstrak air dari kayu batang secang dengan tambahan 50% etanol dilaporkan menghambat perkembangan sel tumor pada tikus lab.

Tumor adalah perkembangan jaringan sel yang tidak normal. Tumor ada yang bersifat jinak, tapi ada juga yang ganas dan bersifat kanker.

2. Antibakteri

Infeksi bakteri adalah salah satu penyebab penyakit menular yang paling umum. Nah, salah satu manfaat kayu secang menurut beberapa penelitian adalah meningkatkan kerja sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri. Contohnya Basil subtilis (penyebab muntaber/gastroenteritis), Staphylococcus aureus (penyebab bakteremia, endokarditis, osteomielitis, serta penyakit kulit)Salmonella typhi (penyebab tipes), dan E. coli (penyebab diare dan gangguan pencernaan umum).

Potensi manfaat kayu secang untuk melawan bakteri diketahui muncul ketika air secang ditambahkan dengan etanol 95% sebagai pelarut minyak esensial.

3. Antiradang dan merangsang sistem imun

Berdasarkan penelitian, kayu batang secang dapat bersifat antiradang. Di antara 130 obat-obatan herbal yang diuji, kayu secang menjadi bahan obat herbal yang bisa mencegah penghambatan aktivitas hyaluronidase, yaitu protein yang dirancang secara genetik untuk menyebabkan peradangan.

Selain itu kandungan antioksidan brazilin dalam secang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh pada tikus.

4. Menurunkan gula darah dan menjaga kesehatan hati

Pada sebuah penelitian, ekstrak kayu secang dapat meningkatkan metabolisme glukosa pada tikus degan hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi saat kadar gula dalam tubuh berada di bawah normal. Selain itu, senyawa brazilin juga dipercaya melindungi dan menjaga fungsi hati agar terus sehat.

5. Mengobati penyakit asam urat atau gout

Bagi Anda penderita penyakit gout atau asam urat maka mengonsumsi ramuan kayu secang baik untuk Anda. Kayu secang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat karena memiliki kandungan sappanchalcone dan Caesalpin P.

Kedua kandungan tersebut memiliki sifat antiinflamasi. Sifat antiinflamasi yang ada di dalam kayu secang dapat mengobati penyakit asam urat Anda. Sebagaimana diketahui bahwa penyakit gout sangat terkait dengan peradangan di sendi.

6. Mengobati masalah diare

Kayu secang memang sangat cocok menjadi minuman ketika musim hujan tiba. Pasalnya, selain bisa menghangatkan tubuh, kayu secang juga bisa mengobati penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan.

Manfaat kayu secang bisa mengobati diare karena kayu secang mengandung beberapa zat yang bersifat antidiare. Beberapa zat yang memiliki sifat antidiare tersebut, yaitu galat, brazilin, oscimene, resin, resorsin, dan tanin.

7. Mencegah kerusakan hati

Kayu secang juga memiliki manfaat mengejutkan lainnya. Manfaat kayu secang bisa mencegah kerusakan hati. Hal ini dikarenakan kayu secang memiliki kandungan senyawa yang diharapkan dapat menghambat penurunan angka SAT.

8. Mencegah penyakit jantung koroner

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kayu secang memiliki banyak kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan yang tersimpan di dalam kayu secang tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja.

Zat-zat yang bersifat antioksidan di dalam kayu secang juga bisa mencegah terjadinya salah satu penyakit berbahaya, yaitu penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner bisa dicegah karena zat di dalam kayu secang bisa meredam berbagai radikal bebas.

Melalui antioksidan beberapa radikal bebas seperti radikal bebas hidroksil, radikal eroksil, radikal alkoksil, singlet oksigen, hidrogen peroksida, dan anion superoksida bisa dihambat pembentukannya di dalam tubuh dan jantung pun menjadi lebih sehat.

9. Melancarkan sistem peredaran darah

Jangan bingung bila setelah meminum wedang secang atau minuman lainnya berbahan kayu secang, Anda seperti merasa lebih segar. Ini dikarenakan salah satu manfaat kayu secang yang dapat merelaksasi pembuluh darah.

Pembuluh darah pun menjadi lebih rileks dan aterosklerosisi atau penebalan arteri bisa dicegah dan diatasi. Sistem peredaran darah menjadi lebih lancar. Tentunya, kelancaran sistem peredaran darah memberikan dampak positif pada bagian tubuh lain.