Ini Manfaat Granola untuk Ibu Menyusui dan Hamil


Manfaat Granola

Granola biasa dijadikan sebagai menu sarapan yang sehat. Meskipun demikian, sebagian dari kita belum tahu apa itu granola dan apa saja manfaat yang ada di dalamnya. Yuk lanjut baca!!

Manfaat Granola
Apa itu Granola?

Granola merupakan campuran berbagai jenis makanan. Didalamnya terdapat buah kering,gandum, hingga kacang – kacangan. Dan beberapa bahan tersebut merupakan bahan dasar granola yang nantinya akan dikukus bersama madu dan sedikit minyak.

Granola memiliki banyak kandungan gizi. Kandungan gizi yang ada di dalam granola merupakan gabungan dari berbagai zat gizi penting. Di dalam granola terdapat mineral, serat, dan vitamin.

Ada sekitar 30% serat dari kecukupan serat yang ditubuhkan tubuh di setiap 100 gram granola. Di dalam granola juga terdapat beberapa vitamin diantaranya vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitaminK, dan juga beberapa vitamin B Kompleks.

Tak hanya itu saja dalam Granola juga ada fosfor, kalsium, magnesium, mangan, natrium,potassium selenium, seng, dan tembaga. Selain itu, ada zat gizi mikro seperti lemak,karbohidrat, protein yang ada setiap potongan granola.

Granola cocok untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.Dimana kandungan makanan di dalamnya memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Manfaat Granola untuk Ibu menyusui

Berikuit ini beberapa manfaat granola untuk ibu menyusui.

  • Meningkatkan Kekebalan Sistem Imun di Dalam Tubuh

Manfaat granola bagi ibu menyusui selanjutnya adalah mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan imun di dalam tubuh baik bagi ibu hamil dan menyusui.  Kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi di dalam granola membantu tubuh untuk membentuk kekebalan sistem imun. Dimana vitamin C dan E sendiri merupakan vitamin yang memiliki kandungan anti oksidan didalamnya.

  • Menyehatkan kandungan di Saat Masa Kehamilan

Manfaat granola bagiibu menyusui yang pertama yaitu menyehatkan kandungan di saat masa kehamilan.Granola menjadi salah satu makanan sehat bagi ibu hamil dan ibu menyusui.Karena pada umumnya baik ibu hamil ataupun ibu menyusui memiliki nafsi makanyang dinamis dan tidak terkontrol. Oleh karena itu, biasanya banyak dari merekayang cenderung tidak bisa mendapat asupan gizi yang cukup.

  • Mengandung Kandungan Zat yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Seperti yang telahdisebutkan sebelumnya dimana granola memiliki banyak sekali kandungan dan zatyang sehat. Mulai dari perpaduan kacang – kacangan hingga tanaman nabati. Kacang– kacangan juga gandum yang ada di dalam granola memiliki protein yang tinggidan sangat menguntungkan bagi ibu hamil atau menyusui yang tidak bisa mengonsumsiprotein hewani.

  • Mengatur Kadar Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya yaitu mampu mengatur tekanan darah yang tidakterkontrol. Granola bisa mengatur kadar tekanan darah yang sebelumnya tidakberada di tahap stabil kembali menjadi normal dan terkontrol. Hal inidikarenakan di dalam granola terdapat kandungan mineral seperti kalium yangmemiliki fungsi khusus terhadap tekanan darah. Selain itu juga, kalium memilikikontribusi dalam pelebaran pembuluh darah.

  • Meningkatkan Energi bagi Ibu Hamil

Selanjutnya yaitu granola mampu menambah energi yang ada pada ibu hamil dan ibu menyusui. Oleh karena itu pula kenapa banyak atlet yang rajin mengonsumsi granola.

Demikian beberapa manfaat granola bagi ibu menyusui dan ibu hamil.Semoga dengan mengonsumsi granola baik ibu dan si bayi atau si janin semakin sehat dan kuat. Terima kasih.