Manfaat-dan-Khasiat-Daun-Jarak

Manfaat Dan Khasiat Daun Jarak

Manfaat Daun Jarak

Manfaat-dan-Khasiat-Daun-Jarak

Daun jarak dikenal sebagai tanaman yang banyak dimanfaatkan, dari kesehatan hingga sebagai bahan bakar minyak. Yang belum paham, daun jarak. Daun jarak merupakan sejenis tumbuh-tumbuhan yang berasal dari wilayah Meksiko dan Amerika bagian Selatan.

daun jarak yang memiliki nama ilmiah Ricinus communis ini tidak lepas dari kandungan sejumlah zat penting yang memang dibutuhkan oleh tubuh.  Kali ini akan lebih membahas Manfaat dan Khasiat Daun Jarak Untuk kesehatan.

Daun Jarak mengandung beberpa senyawa aktif, Alkaloid, Astragalin, Fitonutrien, Nicotiflorin, Kaempferol, Quercetin. Senyawa-senyawa yang terkandung di dalam daun jarak tersebut , Ada yang bersifat sebagai antioksidan, anti-bakteri, anti-inflamasi, dan sejumlah fungsi lainnya yang penting untuk merawat fungsi tubuh.

Manfaat Dan Khasiat Daun Jarak

Mengatasi Sakit Gigi

Manfaat getah daun jarak pagar dan jarak wulung adalah untuk mengatasi sakit gigi.
Caranya : Oleskan getah daun jarak ini pada bagian gigi yang sakit. Kandungan fitofarmaka bernama alkaloid pada getah daun jarak berdasarkan penelitian diklaim efektif untuk meredakan sakit gigi.

Mengatasi Konstipasi (Sembelit)/ Susah BAB

Konstipasi atau sembelit, Kondisi di mana sulit sekali rasanya untuk buang air besar (BAB). Salah satu cara mengobati sembelit ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak, utamanya jarak pagar.

Caranya yakni hanya dengan menempelkan daun jarak pada perut.  Alih-alih demikian, yang harus Anda lakukan adalah dengan merebus daun jarak di dalam air mendidih, kemudian minum air rebusan tersebut untuk mengobati sembelit.

Mengobati Radang

Terutama radang (inflamasi) yang terjadi pada daun telinga, maka salah satu cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan memanfaatkan tanaman jarak ini. Manfaat daun jarak pagar dan daun jarak lainnya dalam mengobati peradangan dikarenakan adanya kandungan senyawa aktif yang bersifat anti-inflamasi.

Rebus daun jarak di dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, minum air rebusan tersebut secara rutin ampai radang sembuh.

Ambil kira-kira 5 helai daun jarak, kemudian tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu, oleskan tumbukan daun jarak tersebut pada rambut Anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci rambut menggunakan shampoo dan air sampai bersih.

Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah sala satu masalah rambut yang umum dialami banyak orang, mungkin termasuk Anda salah satunya. Nah, manfaat daun jarak ternyata juga bisa untuk mengatasi ketombe pada rambut, lho.

Ambil kira-kira 5 helai daun jarak, kemudian tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu, oleskan tumbukan daun jarak tersebut pada rambut Anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci rambut menggunakan shampoo dan air sampai bersih.

Atasi batuk berdahak dan mengencerkan dahak

Siapkan akar pohon jarak secukupnya, cuci bersih kemudian rebus menggunakan 7 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

Mengencangkan Payudara

Payudara yang kencang adalah dambaan setiap wanita. Untuk mewujudkan hal ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan daun jarak.

Tumbuk 3-5 helai daun jarak sampai halus, kemudian oleskan pada payudara secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bersihkan payudara dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Untuk obat rhematik

Tumbuk daun jarak yang sudah tua secukupnya, campur dengan air sedikit, lalu bubuhkan pada bagian tubuh yang terserang. Biarkan selama beberapa jam. lakukan secara rutin.

Mengatasi Keputihan pada Mulut Bayi

Bagi Anda para orang tua, perlu diketahui bahwasanya bayi berpotensi mengalami keputihan pada mulutnya akibat terinfeksi bakteri candida yang menempel pada puting susu ibu. Jika hal ini kebetulan menimpa si kecil, maka selain menjaga kebersihan puting susu Anda, cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak.

Mengobati radang telinga pada anak

Radang telinga sering terjadi pada anak dikarenakan influenza yang mendadak yang ditandai  dengan suhu badan tinggi, sakit dalam telinga , sedikit tuli dan berdengung. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memanfaatkan getah jarak pagar. Teteskan 5 tetes kedalam telinga anak.

Kandungan senyawa anti-bakteri pada daun jarak dipercaya ampuh untuk melawan bakteri candida penyebab keputihan pada mulut bayi tersebut. Ambil getah daun jarak yang terdapat di dalam batangnya, kemudian oleskan sedikit saja pada mulut bayi.

Mengobati Luka

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, daun jarak memiliki senyawa yang bersifat anti-bakteri. Hal ini lantas membuat daun jarak berkhasiat untuk mengobati luka pada kulit, terutama luka yang sudah terlanjur terkena infeksi bakteri.

Mengatasi koreng

Siapkan 20 biji jarak yang telah dibuang kulitnya, lalu lumatkan hingga menyerupai bubur,   tambahkan sedikit garam kemudian aduk rata. Ramuan tersebut tempelkan pada bagian kulit tempat tumbuhnya koreng. lakukan secara rutin 2 x sehari sampai penyakit sembuh.

Alternatif lainnya yaitu dengan memanfaatkan minyak biji jarak, panaskan secukupnya lalu oleskan pada bagian kulit yang ditumbuhi koreng menggunakan kapas.

Sama seperti saat mengobati sariawan, untuk memperoleh manfaat daun jarak yang satu ini Anda hanya cukup mengolekan getah daun jarak pada area kulit yang terluka. Diamkan selama beberapa saat sampai luka mengering.

Selain manfaat diatas Daun jarak juga bisa dimanfatkan sebagai minyak. Daun jarak mengandung getah yang disebut ricin. Itu juga yang menjadi sebab mengapa tanaman ini dinamai Ricinus Communis. Nah, getah ricin pada daun jarak ini lantas menghasilkan manfaat daun jarak untuk menghasilkan bahan bakar berupa minyak yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.