19 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

Posted on

19 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan – Bunga telang atau kembang telang sangat bagus dan mudah tumbuh baik didaratan rendah 500 Mdpl maupun di daratan tinggi 2.000 Mdpl. Kembang Telang memiliki nama ilmiah Clitoria Ternatea yang termasuk dalam suku polong-polongan yang berasal dari Asia. Namun saat ini tanaman yang masih termasuk dalam keluarga fabaceae ini bisa ditemui diberbagai daerah yang memiliki iklim tropika.

Ciri-ciri umum dari kembang telang antara lain adalah :

    • Batang merambat, jika masih muda biasanya berwarna hijau dan pada saat sudah tua warnanya bisa menjadi putih kusam dengan pangkal batang yang berkayu.
    • Panjang tanaman bisa mencapai 5 meter
    • Memiliki daun majemuk, menyirip, dalam jumlah ganjil yakni 3 hingga 9 lembar dengan bentuk oval atau elips, bertangkai pendek, berwarna hijau, dengan pangkal anak daun yang runcing.
    • Kelopak bunga bisa berwarna biru cemerlang, putih, pink, maupun warna ungu.
    • Polong yang dihasilkan bisa berwarna hijau pada saat masih muda, dan akan berubah menjadi kecoklatan saat telah matang.
    • Dalam satu polong, biasanya terdapat 5 hingga 10 butir biji yang berbentuk pipih.

Untuk membudidayakan tanaman ini sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan biji bunga yang bentuknya mirip dengan kacang kedelai yang telah tua dan kering untuk disemaikan. Tanaman ini sangat cocok apabila dirambatkan pada pagar rumah, karena ia sangat menyukai adanya sinar matahari secara penuh. Dan untuk dapat merangsang pertumbuhan tangkai sulur yang baru, kita bisa memotong beberapa tangkainya.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari kembang telang, berikut ulasannya:

1. Bersifat Diuretik

Kandungan senyawa kembang telang mempunyai kemampuan untuk melancarkan air seni. Caranya mudah, rebus 0,3 g akar kembang telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

2. Pembasmi Racun

Teh herbal yang terbuat dari kembang telang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan menyeduh kembang telang sebanyak 2, hingga 3 kuntum dengan air panas, biarkan +/- 10 menit. Ramuan tersebut sudah siap untuk dikonsumsi. Untuk menambah cita rasa teh, kita bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon ke dalamnya.

3. Melancarkan Haid

Ramuan herbal dengan manfaat kembang telang juga dipercaya mampu mengobati gangguan infertilitas, maupun masalah haid yang tidak lancar. Darah yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai gangguan penyakit kulit seperti timbulnya bisul. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan akar dari kembang telang putih yang direbus lalu meminumnya secara rutin. Ramuan ini dipercaya mampu untuk mencuci darah.

4. Mengobati Penyakit Kulit Seperti Bisul Juga Jerawat

Timbulnya bisul (abses) pada bagian tubuh dapat kita atasi salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan yang berasal dari kembang telang biru yang ditumbuk bersama dengan gula jawa. Gunakanlah hasil tumbukan tersebut sebagai obat balur pada daerah yang terkena bisul. Lakukan hingga bisul sembuh. Sedangkan untuk mengobati jerawat, haluskan daun, akar atau bunga serta lalu berikanlah pada area jerawat yang mau diobati.

5. Pembersih Mata dan Menyembuhkan Mata Merah

Manfaat kembang telang telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat sebagai obat untuk gangguan penglihatan, seperti mata merah atau sakit mata lainnya. Selain itu, khasiat dari kembang ini dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah.  Caranya dengan mencampurkan 5 bunga telang dengan 50ml air. Proses tersebut akan menciptakan air berwarna biru yang kental. Setelah itu, saringlah air tersebut agar terhindar dari pecahan-pecahan bunga yang terendam. Barulah setelahnya, kita dapat menggunakan perasan air yang telah disaring sebagai obat tetes mata.

6. Menghitamkan dan menguatkan rambut

Selain itu, kembang telang juga berkhasiat untuk memperkuat serta menghitamkan rambut kamu loh girls. Cara tersebut dapat diakukan lewat langkah menghaluskan bunga serta dipakai untuk pengganti shampo.

7. Mengobati Sakit Telinga

Untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada bagian telinga, kamu bisa memanfaatkan daun dari tamanan ini. Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan yang terbuat dari beberapa helai daun telang dengan dicampurkan sedikit garam pada bagian telinga yang terasa sakit. Lakukan hal tersebut secara teratur.

8. Mengobati Bronchitis

Bronchitis atau peradangan pada saluran pernafasan bisa kita atasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari akar tanaman telang. Caranya adalah dengan merebus +/- 30 hingga 60 gram akar telang dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga kadar air tersebut tinggal separuhnya saja. Konsumsi air rebusan tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas.

9. Mengobati bisul (abses)

Timbulnya bisul (abses) pada bagian tubuh dapat kita atasi secara alami, yaitu salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan yang berasal dari kembang telang biru yang ditumbuk bersama dengan gula jawa. Pergunakanlah hasil tumbukan tersebut sebagai obat balur pada daerah yang terkena bisul. Lakukanlah hingga bisul sembuh.

10. Untuk mencuci darah

Darah yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai gangguan penyakit kulit seperti timbulnya bisul. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan akar dari kembang telang putih yang direbus lalu meminumnya secara rutin. Ramuan ini dipercaya mampu untuk mencuci darah.

11. Untuk mengobati bronchitis

Bronkhitis atau peradangan pada saluran pernafasan bisa kita atasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari akar tanaman telang ini. Caranya adalah dengan merebus +/- 30 hingga 60 gram akar telang dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga kadar air tersebut tinggal separuhnya saja. Konsumsi air rebusan tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas.

12. Sebagai pelengkap dalam persembahyangan

Dalam masyarakat Bali, manfaat kembang telang biasanya juga digunakan sebagai perlengkapan untuk melakukan ritual persembahyangan, yaitu untuk menghiasi canang-canang tempat sesajen.

13. Sebagai bahan pewarna makanan

Selain berkhasiat dalam pengobatan beberapa jenis penyakit, kembang telang juga memiliki manfaat lain seperti dapat digunakan untuk memberikan warna pada makanan, misalnya saja pada kue. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan air perasan dari bunga tersebut dan mencampurkannya pada makanan yang ingin diwarnai.

14. Untuk detoksifikasi

Teh herbal yang terbuat dari kembang telang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan. Cara pembuatannya adalah cukup mudah, yaitu hanya dengan menyeduh kembang telang sebanyak 2 hingga 3 kuntum dengan air panas, biarkan +/- 10 menit. Ramuan tersebut sudah siap untuk dikonsumsi. Untuk menambah cita rasa teh, kita bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon ke dalamnya. Selamat mencoba!

15. Untuk mengatasi gangguan seksual pada wanita

Ramuan herbal dengan manfaat kembang telang juga dipercaya mampu mengobati gangguan seksual pada kaum hawa seperti infertilitas maupun masalah haid.

16. Untuk mengobati batuk

Akar Kembang Telang juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional dalam seperti untuk menyembuhkan gangguan batuk rejan (pertusis). Selain itu rempah yang berasal dari bubuk akar telang dapat juga digunakan untuk menyembuhkan gangguan asma yang menimpa seseorang terutama pada musim dingin.

17. Mengobati infeksi tenggorokan

Manfaat kembang telang juga dipercaya dapat mengobati infeksi tenggorokan, terutama bagi mereka yang suka merokok. Caranya adalah dengan menggunakan air rebusan akar kembang telang sebagai obat kumur.

18. Mengurangi stress

Sifat antidepresan yang terkandung dalam akar kembang telang dapat membantu untuk mengurangi tingkat stress seseorang yaitu dengan memberikan efek tenang, senang, dan damai.

19. Menambah kekuatan otak

Akar Kembang Telang memiliki kemampuan untuk meningkatkan memori serta dapat membuat seseorang bisa menjadi lebih intelektual, sehingga kembang i ni sering digunakan dalam pengobatan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan otak. Selain itu, Kembang telang juga memiliki efek yang sangat positif pada sistem saraf manusia, sehingga dapat membantu dalam memperkuat saraf dalam tubuh dan meningkatkan fungsi otak.