Manfaat Buah Plum Sebagai Superfood Mpasi


Manfaat Buah Plum Sebagai Superfood Mpasi

MPASI atau Makanan Pendamping ASI karena pada usia 6 bulan, bayi membutuhkan nutrisi yang lebih kompleks dari hanya sekedar minum ASI. Buah plum yang kaya nutrisi ternyata sangat cocok untuk diberikan kepada bayi sebagai snack atau makanan ringan.Buah plum yang juicy dan rasanya yang asam manis tentunya sangat disukai oleh anak-anak.

Buah Plum untuk Bayi

Apa saja Kandungan yang ada di Buah Plum, kok bagus untuk MPASI. Berikut beberapa Manfaat dari BUah Plum yang bagus banget untuk Bayi.

Manfaat Buah Plum Sebagai Superfood Mpasi

Beta-Caroten untuk Kesehatan Mata Bayi

Warna merah gelap pada buah plum merupakan pertanda utama bahwa buah ini kaya kandungan dan manfaat beta-carotene atau yang dikenal juga dengan pro vitamin A. Itu artinya memberikan buah plum pada bayi bisa ikut membata kesehatan matanya sama seperti dengan manfaat vitamin A.

Tinggi Kandungan Antoksidan

Buah plum merupakan salah satu buah yang merupakan sumber antioksiden tertinggi.
Antioksidan sendiri memiliki fungsi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan terutama pada bayi yang sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.Antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan bayi Anda.

Mengandung Vitamin C baik untuk Bayi

Manfaat vitamin C untuk bayi sangatlah penting karena vitamin C dapat membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh karena bayi berusia di bawah satu tahun kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga perlu support lebih dari nutrisi yang dikonsumsinya dan buah plum merupakan buah yang sangat direkomendasikan.

 

Melancarkan Pencernaan karena Tinggi Serat

Tekstur buah plum yang juicy tentunya pertanda utama bahwa buah ini kaya kandungan serat.
Salah satu manfaat serat yang paling utama adalah membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit yang sering terjadi pada bayi.

Tinggi Kandungan Asam Folat

Manfaat asam folat untuk bayi sangatlah signifikan karena bayi usia dibawah satu tahun sampai tiga tahun sistem saraf otaknya sedang berkembang dengan pesat.
Asam folat memastikan bahwa sistem saraf dan otak berkembang secara optimal.

Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh Bayi

Seperti disebutkan pada poin pertama dan kedua buah plum yang kaya kandungan vitamin C serta manfaat antioksidan yang juga merupakan solusi terbaik untuk menjaga kekebalan tubuh bayi sehingga tidak mudah jatuh sakit atau terserang virus.

Mengandung Kalsium yang Cukup Tinggi

Bayi membutuhkan manfaat kalsium karena dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan bayi.
Buah plum mengandung kalsium yang cukup tinggi dan cocok bagi bayi yang alergi terhadap produk susu sebagai penggati kalsium.

Mengoptimalkan Penyerapan Zat Besi

Zat besi sangat penting bagi bayi karena dapat membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.Mengkonsumsi buah plum yang tinggi vitamin C dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi.

 

Tips Mengolah Buah Plum untuk Mpasi

Perlu diingat selain manfaat buah plum untuk bayi seperti di atas, rasa buah plum yang asam manis perlu mendapatkan perhatian ekstra oleh orangtua.

Sebelum diberikan ke bayi coba untuk tes rasa terlebih dahulu, jika terlalu asam sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena hal tersebut justru dapat berbahaya untuk pencernaan bayi namun beberapa tips berikut bisa dicoba:
Untuk mendapatkan manfaat buah plum untuk bayi sepenuhnya sebaiknya tidak memberikannya langsung kepada bayi tapi digunakan sebagai campuran mpasi atau snacknya seperti yoghurt plain.

Sebelum disajikan sebaiknya kukus terlebih dahulu buah plum baru kemudian dijadikan puree dengan cara disaring atau diblender untuk mengurangi rasa asam yang mungkin justru akan ditolak oleh bayi.

Untuk buah plum yang rasanya manis bisa dijadikan alternative finger food untuk bayi namun sebaiknya direbus atau dikukus dulu agar daging buah lunak dan tidak menyebabkan bayi tersedak.

Buah plum merupakan salah satu super food yang memang sangat direkomendasikan untuk bayi karena tinggi nutrisi bahkan ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah plum karena dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat secara signifikan. (source:manfaat.co.id)