Manfaat Biji Asam Jawa Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Asam Jawa Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Biji Asam Jawa Untuk Kesehatan – Asam jawa, asam atau asem memiliki nama ilmiah Tamarindus indica, yang termasuk suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.), asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain. Juga sampalok, kalamagi (Tagalog), magyee (Burma), ma-kham (Thai), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), me, trai me (Vietnam), dan tamarind (Ingg.). Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak.

Asam jawa merupakan sejenis buah yang masam rasanya, biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan. untuk biji asam jawa biasanya hanya di buang saja, mungkin tidak banyak tahu manfaatnya. akan tetapi biji yang hitam kadang kecoklatan itu memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Mengatasi Disentri dan Diare

Obat untuk mengatasi diare yang paling dikenal sejak kecil yakni daun jambu biji. Namun selain daun jambu biji, diare dapat diatasi menggunakan bahan alami lain, yakni biji asam jawa. Biji asam jawa yang dijadikan bubuk dapat digunakan untuk mengatasi diare. Selain untuk mengatasi diare, biji asam jawa bubuk yang di seduh dapat digunakan juga untuk mengatasi penyakit disentri.

  1. Mengatasi Racun Gigitan Ular Berbisa

Terkena gigitan ular berbisa memang sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa. Racun dalam bisa ular yang menyerang manusia harus segera diatasi, karena jika tidak dapat membahayakan nyawa orang yang terkena gigitan ular tersebut. Ketika terkena gigitan ular berbisa, sebelum sempat dilarikan ke rumah sakit dapat diatasi dengan menggunakan biji asam jawa.

Cara mengatasi bisa ular yang menggigit manusia cukup mudah. Dengan membelah biji asam jawa yang masih basah, kemudian menempelkannya pada bagian yang terkena gigitan ular berbisa, maka racun yang dari bisa ular tersebut sedikit demi sedikit dapat dinetralisir dari kandungan yang terdapat di dalam biji asam jawa tersebut.

  1. Menghilangkan Bengkak

Biji asam jawa juga dipercaya dapat mengatasi bengkak yang terjadi akibat gigitan serangga. Fungsinya seperti minyak tawon dan juga beberapa obat yang dapat mengatasi bengkak yang ditimbulkan dari gigitan serangga. Biji asam jawa yang digunakan untuk mengatasi bengkak, terlebih dahulu dijadikan bubuk. Biji asam jawa yang telah dijadikan bubuk kemudian ditaburkan pada bagian tubuh yang bengkak. Namun sebelumnya, bagian yang bengkak harus dibersihkan dahulu agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam luka tersebut. Setelah dilakukan pengobatan menggunakan biji asam beberapa kali, bengkak yang dialami akan berangsur membaik.

  1. Mengatasi Masalah Borok Dan Luka

Biji asam jawa juga dapat digunakan untuk mengatasi luka dan juga borok. Bukan dengan menaburkan bubuknya ataupun menyeduh bijinya, akan tetapi dengan menambahkan sedikit air pada bubuk biji asam jawa. Biji asam jawa yang telah menjadi seperti krim tersebut, dapat digunakan untuk mengatsi borok dan luka pada beberapa  bagian tubuh. Krim biji asam jawa kemudian dioleskan pada bagian yang terluka maupun terkena borok.  Dalam beberapa waktu, luka dan borok yang dialami dapat diatasi dengan baik.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Masalah rambut rontok yang terjadi terutama pada wanita, tidak hanya dapat diatasi dengan mengganti shampoo, akan tetapi dapat diatasi dengan biji asam jawa. Cara memanfaatkan biji asam jawa untuk mengatasi rambut ronto yakni dengan menumbuk biji asam jawa hingga halus dan kemudian menggunakannya untuk memijat bagian kepala. Melakukan cara ini beberapa kali dapat mengatasi masalah rambut rontok yang terjadi.

artikel terkait: manfaat jamu galian singset

Memanfaat biji asam jawa memang belum banyak diketahui, karena selama ini yang banyak dimanfaatkan hanya buah asamnya saja. Beberapa manfaat biji asam jawa yang telah dijelaskan di atas dapat dipraktikkan sewaktu mendapati beberapa masalah kesehatan tersebut. Dengan begitu, biji asam jawa dapat lebih dimanfaatkan lagi serta masalah kesehatan yang dialami dapat diatasi dengan bahan yang alami.