Manfaat Berjemur Sinar Matahari Di Pagi Hari


Manfaat Berjemur Sinar Matahari Di Pagi Hari

Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Hari

Berjemur sinar matahari di pagi hari merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh. Apalagi semenjak pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda dan menginfeksi banyak orang diseluruh dunia.

Tak hanya untuk meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh, berjemur di pagi hari juga bermanfaat untuk kulit wajah dan wajah berjerawat. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Terlebih, kandungan vitamin D ternyata cukup terbatas hanya dari jenis-jenis makanan tertentu saja. Solusi mudah dan praktis di dalam mencukupi asupan vitamin D adalah dengan memanfaatkan pajanan sinar matahari di pagi hari.

Manfaat Berjemur Sinar Matahari Di Pagi Hari

Sinar matahari berperan penting di dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan paparan sinar matahari dapat mengatasi sejumlah kondisi kulit. Sejumlah dokter pun merekomendasikan radiasi sinar UV untuk menangani kulit berjerawat, eksim, sakit kuning, dan psoriasis. Akan tetapi, terapi radiasi sinar UV ini mungkin tidak dapat untuk semua penderita. Konsultasikan hal ini dengan dokter ahli kulit terkait.

Resiko Akibat Kekurangan Sinar Matahari

8 Resiko Akibat Kekurangan Sinar Matahari

Manfaat berjemur di pagi hari

Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat berjemur di pagi hari  untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Paparan sinar matahari dapat membantu menekan sistem imun yang terlalu aktif, yang dapat menjelaskan mengapa sinar matahari digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis.

Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain itu, karena sel darah putih akan mengalami peningkatan saat terpapar sinar matahari maka hal tersebut akan membantu untuk memerangi penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh. Berjemur di pagi hari sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kamu miliki.

Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur di pagi hari untuk meningkatkan kesehatan tulang.Vitamin D merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang. Namun tidak hanya itu saja, vitamin D3 juga ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang.

Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit. Hal tersebut dapat mengatur penyerapan kalsium.

Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kesehatan Tulang

Jika kamu memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah maka kecil kemungkinannya kamu akan menderita patah tulang dan begitupun sebaliknya. Itulah mengapa berjemur di pagi hari sangat penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa hingga yang lebih tua.

Berjemur di Pagi Hari Menghilangkan Depresi Ringan

Manfaat berjemur di pagi hari  untuk menghilangkan depresi ringan. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD).

SAD adalah depresi yang umum dirasakan saat berada di musim dingin. Hal serupa juga terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran dan jarang keluar untuk berjemur.

Berjemur di pagi hari dapat meningkatkan kadar anti depresan alami di otak yang dapat membantu meringankan dan menghilangkan bentuk-bentuk depresi ringan. Hal itu dikarenakan saat berjemur di pagi hari otak dapat memproduksi lebih banyak serotonin, bahan kimia yang dapat mengangkat suasana hati.

Berjemur di Pagi Hari Menyembuhkan Beberapa Kelainan Kulit

Manfaat berjemur di pagi hari untuk menyembuhkan beberapa kelainan kulit. Paparan sinar matahari saat berjemur di pagi hari dapat membantu penyembuhan gangguan kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan infeksi jamur pada kulit lainnya.

Terapi berjemur di pagi hari selama empat minggu terbukti berhasil digunakan untuk menghilangkan gejala psoriasis secara signifikan pada 84% subjek.

Untuk mencegah efek samping negatif dari radiasi UV dan memastikan manfaat yang didapat lebih besar dari risiko yang ditimbulkan maka sebaiknya lakukan metode pengobatan alternatif ini di bawah pengawasan medis.

Jam yang baik untuk berjemur di pagi hari

Waktu Ideal Berjemur Matahari Pagi.Belakangan menjadi kontroversi kalau waktu ideal berjemu matahari pagi itu jam 10 sampai jam 12.

Pakar ITB: Jangan Berjemur di Antara Pukul 10.00-14.00!

Menurut Dr. Yuli Setyo Indartono, dosen Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung, waktu tersebut justru berbahaya bagi manusia yang hidup di Indonesia.

Jam yang baik untuk berjemur di pagi hari

Dosen yang menekuni bidang energi terbarukan, khususnya energi surya ini menyatakan bahwa radiasi ultraviolet (UV) dalam sinar matahari terbagi dalam tiga jenis, yaitu UV A, UV B, dan UV C, berdasarkan panjang gelombangnya.

Penjelasan Dari dr.Tan, Tentang Manfaat Berjemur Di Matahari Pagi “Jam 10”

Penjelasan Dari dr.Tan, Tentang Manfaat Berjemur Di Matahari Pagi “Jam 10” – (Lawan Corona)

Karena itu, tingkat energi UV C yang panjang gelombangnya paling pendek memiliki tingkat energi tertinggi sehingga paling berbahaya. UV A yang tingkat energinya paling rendah pun masih membawa risiko kesehatan bagi manusia.

Kapan waktu ideal untuk berjemur di pagi hari?

Untuk mendapatkan manfaat terbaik sinar matahari, berjemurlah di luar waktu pukul 10 pagi dan pukul 2 siang. Di luar waktu 10-14 itu, ada tersedia radiasi UV B dengan intensitas relatif rendah sehingga aman bagi manusia.

MANFAAT BERJEMUR SINAR MATAHARI Bikin VIRUS MATI ?

MANFAAT BERJEMUR SINAR MATAHARI Bikin V! RUS MATI ? | Clarin Hayes

WHO juga menyatakan demikian lho, “Sinar UV Matahari paling kuat antara pukul 10 pagi dan 2 siang (= 2 jam setiap sisi siang hari). Batasi paparan sinar matahari selama jam-jam ini.”

Maka, waktu berjemur bisa 10-15 menit di atas pukul 9. Namun, di atas pukul 11, lama waktu berjemur cukup 3 menit saja karena UVB yang terpapar sudah menurun. Bagian tubuh yang dianjurkan terkena paparan sinar matahari UVB meliputi tangan, lengan, wajah, punggung, dan kaki.

Tips Berjemur yang Tepat

Ini Tips Berjemur yang Tepat