Manfaat Bangle Untuk Kulit


Manfaat Bangle Untuk Kulit

Tanaman ini Rimpangnya dimanfaatkan untuk bumbu dapur serta bahan pengobatan. Banyak juga didapat dipekarangan rumah-rumah. Bangle tumbuh di daerah Asia dari India samapi indonesia.Tananam ini dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang dipercaya berkhasiat sebagai peluruh lemak, Pelangsing, meningkatkan stamina & menjaga kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya Ini Khasiat dan Manfaat Bangle

Tapi mungkin diantara kalian ada yang yang kurang mengenal tanaman ini, karena Bangle mempunyai nama lain dibeberapa daerah.

 

Manfaat Bangle Untuk Kulit

Manfaat Bangle Untuk Kulit

Umumnya Bangle dimanfaatkan untuk bahan obat tradisional, Tanaman bangle atau rimpang bangle efektif dalam mengobati berbagai penyakit. Diantara khasiatnya yang telah banyak dirasakan khalayak ramai adalah obat untuk luka budug, luka eksim, cara, luka meradang, ruam-ruam merah, biduran, panu serta beberapa penyakit kulit lainnya. Senyawa antioksidan tinggi dan anti-inflamasi menjadikan obat tradisioanal ini sebagai bagian dari obat analgesik dan antipiretik.

Salah satu khasiat bangle yang dipercaya adalah mengurangi peradangan. Tanaman ini juga digunakan untuk membantu dalam merawat kulit.Bangle juga sudah lama dipakai untuk mempercantik, memperindah, dan menutrisi kulit. Tanaman yang sering dikira jahe ini juga digunakan dalam meningkatkan rasa nyaman dan kesegaran badan.

Manfaat Bangle Untuk Kulit Dan Efek Sampingnya

Bangle mempunyai rasa yang tidak enak, pedas dan pahit. Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya: rimpangnya minyak atsiri (sineol, pinen), damar, pati, dan tannin.

Kegunaan rimpang: demam, sakit kepala, batuk berdahak, perut nyeri, masuk angin, sembelit, sakit kuning, cacingan, rematik, ramuan jamu perempuan sesudah melahirkan, mengecilkan perut sesudah melahirkan dan kegemukan. Sedangkan bab daun berguna untuk meningkatkan selera makan, perut terasa penuh.

Bagian yang digunakan: rimpang dan daun. Dosis pemakaian: 10-30 gram rimpang segar direbus. Minum airnya. Untuk pemakaian luar, basuh rimpang segar, haluskan, tambahkan arak dan tempelkan pada bab yang nyeri.

Sifat kimiawi dan pengaruh farmakologis: rimpang berbau khas aromatik, rasanya agak pahit dan agak pedas. Mempunyai pengaruh sebagai penurun panas, pembersih darah, peluruh dahak (expektorant), pencahar, peluruh kentut, dan obat cacing.