Jawaban Mengapa mikhail gorbachev mengakui sistem komunis mengalami kegagapan?

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Mengapa mikhail gorbachev mengakui sistem komunis mengalami kegagapan?, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Mengapa mikhail gorbachev mengakui sistem komunis mengalami kegagapan?

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Mengapa mikhail gorbachev mengakui sistem komunis mengalami kegagapan?

Tidak mudah memperbaiki kemunduran perekonomian yang diperbuat oleh pemimpin-pemimpin Uni Soviet sebelumnya. Mikhail Gorbachev menyadari bahwa penerapan Marxisme dan sistem pemerintahan Komunis yang selama ini diterapkan tidak mampu membawa perubahan pada Uni Soviet dari kemunduran ekonomi untuk menandingi lawan-lawannya dari negara-negara barat terutama Amerika Serikat.

Pada Maret 1985, Mikhail Gorbachev mulai memimpin Uni Soviet. Perubahan secara besar-besaran mulai tampak pada masa ini. Gorbachev berbeda dengan penguasa-penguasa Uni Soviet sebelumnya, ia membuat kebijakanPerestroika (restrukturisasi ekonomi), yaitu menata kembali berbagai kebijakan di semua bidang kehidupan dan Glasnost(keterbukaan politik) yang bermakna membuka diri dari pergaulan internasional dan memperluas partisipasi masyarakat dalam negara dengan memberikan kebebasan berbicara yang lebih besar sehingga pers/media massa menjadi lebih merdeka. Selain itu, tujuan utama Gorbachev dalam mengadakan Glasnost adalah untuk menekan kaum konservatif yang menentang kebijakan-kebijakan restrukturisasi ekonominya. Sejak diterapkannya dua kebijakan tersebut, Uni Soviet mulai mengalami perubahan, ketegangan antara blok timur yang dipimpin Uni Soviet dan blok barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat mulai mereda.

Sekian tanya-jawab mengenai Mengapa mikhail gorbachev mengakui sistem komunis mengalami kegagapan?, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.