Jawaban Jelaskan dan gambarkan proses pembayaran uang elektronik lainya (EFT, eCash, dan Credit Card)

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Jelaskan dan gambarkan proses pembayaran uang elektronik lainya (EFT, eCash, dan Credit Card), maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Jelaskan dan gambarkan proses pembayaran uang elektronik lainya (EFT, eCash, dan Credit Card)

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Jelaskan dan gambarkan proses pembayaran uang elektronik lainya (EFT, eCash, dan Credit Card)

Dalam pembayaran uang elektronik dengan metode Electronic Funds Transfer (EFT), e-Cash, dan Credit Card, berikut adalah proses yang terjadi dalam pembayarannya:

  • EFT: pelayanan transfer yang diberikan oleh bank dengan menggunakan teknik elektronik. EFT ini pada dasarnya bisa digunakan untuk melakukan transaksi kartu kredit, mesin ATM, dan juga melakukan transfer dana baik kepada sesama bank atua antarbank. EFT ini akan menggunakan dana yang ada di rekening kita sehingga dana yang ada akan terhubung dengan rekening bank.
  • E-Cash: merupakan uang elektronik yang memiliki nilai bit dan byte dan hanya dikeluarkan oleh institusi legal yang sudah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Proses yang terjadi pada e-cash adalah konsumen akan membeli e-cash dari bank atau layanan yang dipilih, bank akan mengirimkan e-cash kepada pengguna sejumlah yang dibeli, dana tersebut akan digunakan untuk membeli barang pada merchant, dana akan dikonfirmasi oleh bank ketika akan digunakan.
  • Credit card: alat pembayaran yang diterbitkan oleh bank untuk digunakan dalam belanja secara ritel dan menggunakan sistem kredit. Biaya yang terjadi pada pembelian dengan kartu kredit ini akan diselesaikan terlebih dahulu oleh bank dan hutang tersebut akan dipenuhi oleh konsumen pada saat jatuh tempo. Proses yang terjadi adalah konsumen membeli barang dengan kartu kredit, penjual akan mengkonfirmasi transaksi kepada bank yang bersangkutan, bank akan mengkonfirmasi transaksi dan dana disalurkan kepada penjual, dan transaksi sudah berhasil dilakukan.

Pembahasan

Uang digital adalah salah satu bentuk dari kemajuan teknologi dalam bidang ekonomi. Dengan adanya uang digital ini, kita bisa lebih mudah menyelesaikan transaksi karena bisa dilakukan secara daring. Namun, uang digital ini harus bisa diawasi dengan bijaksana dan pastikan fasilitas uang digital yang kita gunakan sudah memiliki izin resmi dan diawasi oleh OJK.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang manajemen produksi dan manajemen operasi

https://brainly.co.id/tugas/27081301

Materi tentang manajemen keuangan dalam perusahaan

https://brainly.co.id/tugas/10268437

Materi tentang manajemen sumber daya manusia

https://brainly.co.id/tugas/24703049

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Wirausaha

Bab: –

Kode: 10.23

#AyoBelajar 

Sekian tanya-jawab mengenai Jelaskan dan gambarkan proses pembayaran uang elektronik lainya (EFT, eCash, dan Credit Card), semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.