Jam Yang Baik Untuk Berjemur Di Pagi Hari


Jam yang baik untuk berjemur di pagi hari

Manfaatkan Berjemur Sinar Matahari Pagi demi Kesehatan Kulit

Seperti yang kita tau Bahwa Pagi hari adalah waktu yang paling baik untuk berjemur di bawah sinar matahari. Pada saat inilah, sinar matahari masih belum terik, jadi kita bisa mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami.

Sinar matahari pagi sendiri itu menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.

Dan Vitamin D itu dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.  Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Berjemur Ampuh Tangkal Corona? Ini Kata Dokter!

Berjemur Ampuh Tangkal Corona? Ini Kata Dokter!

Ditengah wabah corona yang sedang melanda, menjaga sistem imunitas tubuh wajib kita lakukan. Selain tidur cukup, makan teratur, asupan sinar matahari bagi tubuh juga dibutuhkan.

Benarkah berjemur terbukti ampuh menangkal virus corona? Melalui sambungan Skype, Dokter Vinci Edy Wibowo, Dokter Spesialis Paru memberikan penjelasannya – wawancara Cnn indonesia.

Tips Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Berikut ini tips yang bisa membuat Anda lebih nyaman dan aman berjemur di bawah sinar matahari.

  • Gunakan lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung setidaknya SPF 24 atau di atasnya.
  • Aplikasikan lotion SPF antara 20-30 menit sebelum keluar rumah. Hal ini dilakukan agar tersedia cukup waktu untuk kulit menyerap lotion dan bekerja efektif.
  • Perhatikan masa kedaluwarsa produk lotion agar khasiatnya tetap ampuh dan terjamin.
  • Simpan lotion SPF di tempat yang sejuk dan terhindari dari sorotan sinar matahari secara langsung.
  • Perlu diingat, lotion SPF hanya mampu melindungi kulit dari terik matahari untuk sementara waktu. Dengan kata lain, jangan sampai lupa untuk mengoleskan lotion kembali setelah beberapa jam jika Anda masih berada di luar ruangan. Disarankan untuk mengulang pemakaian lotion yang mengandung SPF tiap dua jam, setelah berenang, menggunakan handuk dan berkeringat banyak.

Sinar Matahari Pagi Terbaik Jam Berapa?

Jam berapakah waktu terbaik untuk berjemur sinar matahari di pagi hari?

Seperti dikutip dari detikHealth, ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen dalam sebuah wawancara mengatakan jam 10 pagi adalah waktu terbaik karena sudah ada sinar ultraviolet B.

Manfaat Berjemur Sinar Matahari Di Pagi Hari

“Yang kita butuhkan sebetulnya adalah ultraviolet B. Ultraviolet B ini gelombangnya lebih pendek. Itu sebabnya, kita harus tunggu sedikit mataharinya naik. Jadi, untungnya kita di khatulistiwa, jam 10 sudah ada. Itu adalah alasan kita jemurnya jam 10.00,” katanya.

Ilmuwan yang pernah meneliti vitamin D, Prof dr Siti Setiati, SpPD, KGER, MEpid, juga sependapat bahwa berjemur lebih efektif jika dilakukan tidak terlalu pagi. Lebih tepatnya, di atas jam 9 pagi.
“Iya, di atas jam 9, hasil penelitian saya tahun 2003. Mungkin perlu diteliti lagi karena sudah lama,” kata Prof Siti saat dikonfirmasi.