Inilah 9 Bahan yang Bisa Mengkilapkan Kayu Secara Alami

Inilah 9 Bahan yang Bisa Mengkilapkan Kayu Secara Alami – mengilapkan kayu dengan cara alami menjadi pilihan masyarakat indonesia, karena masyarakat kita menganggap kayu dari alam maka untuk mengikapkan kayu harus alami.

Beberapa kayu yang biasanya di kilapkan secara alami adalah kursi, meja, lemari, tasbih dan ada juga aksesoris dari kayu seperti gelang akar kayu bahar. kalau bahan dari kayu terlihat mengkilap akan menambah kecantikan barang tersebut.

Beberapa bahan alami yang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk mengkilaukan mebel ada 9 jenis yaitu : biji kemiri, air cuka, air teh basi, tepung (sagu atau maizena), minyak zaitun, mineral oil, petroleum jelly, mayonis, dan jeruk nipis. Berikut pejelasanya secara mendalam.

1. Biji kemiri
Kita sering mengenal biji kemiri memiliki kandungan yang bagus untuk merawat rambut. Tapi ternya kandungan minyak dalam kemiri juga bagus untuk merawat furniture dari kayu jari.

Cara menggunakannya dengan membakar 5 biji kemiri sampai keluar minyaknya. Kalau minyaknya sudah keluar, ambil biji kemiri, bungkus dengan kain kasa. Pada posisi biji terbungkuns kain kasa, hancurkan biji dengan cara dipukul-pupul sampai bentuknya halus atau bubukan.

Olehkan biji kemiri yang masih terbungkus kain tadi ke seluruh furnitur dan perlabotan dari kayu lainnya. Anda akan melihat furnitur yang ada di rumah Anda terlihat mengkilap.

2. Tegung
Tepuang yang biasa digunakan untuk membersihkan kayu jati adalah tepung tepung sagu dan tepung maizena. Anda juga bisa menggunakan tepung lainnya yang ada di dapur.

Tujuan membersihkan mebel kayu jati dengan tepung adalah untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada kayu jati. Kotoran tersebut bisa diangkan dengan mudah menggunakan tepung yang biasa Anda temui di daput.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, Anda cuma perlu menaburkan tepung pada perabotan kayu Anda. Usap-usap sampai kotoran yang menempel pada perabotan Anda benar-benar terangkat. Setelah kotoran terangkat, bersihkanlah tepung dari mubel kayu. Anda akan mendapati perabotan kayu Anda terlihat bersih dan mengkilap.

3. Minyak Zaitun
Kita biasa mengenal minyak zaitun sebagai minyak yang dihasilkan dari pohon zaitun yang namanya di abadikan dalam Al Quran. Tanaman Sunnah Nabi ini selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, ternya juga bisa digunakan untuk merawat perabotan perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu.

Sifat minyak zaitun yang bisa masuk ke dalam pori-pori kayu tanpa merusak permukaan kayu sangat bagus untuk melindungi furnitur kayu jati yang ada di rumah kita.

Cara menggunakanya cukup adan mengoleskan minyak zaitun ke perabotan kayu Anda menggunakan kain yang halus sampai merata. Sebaiknya menggunakan kain microfiber supaya tidak merusak permukaan kayu jati.

Setelah di olehkan secara menyeluruh, diamkan selama 30 menit sampai minyak benar-benar meresap. Usap kembali furnitur Anda untuk menanggulangi supaya tidak ada lagi minyak yang menggenang di permukaa.

4. Air Cuka
Air cuka juga bisa Anda gunakan untuk merawat perabotan kayu jati secara alami. Sifat air cuka yang asam ternyata bisa mengangkat kotoran-kotoran yang melekat pada mubel.

Untuk membersihkan furnitur dengan menggunakan air cuka, kita membutuhkan 2 langkah. Perama, bersihkan furnitur dengan air cuka dan kedua proses finisihng dengan minyak zaitu.

Langkah pertama, campurkan 2 sendok makan ari cuka ke dalam 1 sendok makan air biasa, aduk-aduk sampai merata. Ambil kain halus atau bisa juga menggunakan tisu untuk mengolehkan cuka ke seluruh mubul yang terkena noda. Diamkan beberapa saat sampai kayu terlihat agak kering.

Langkah kedua, campurkan air cuka dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:4 ke dalam satu wadah, aduk hingga rata. Gunakan campuran minyak ini untuk mengolesi mubel rumah Anda. Setelah beberapa saat, Anda akan mendapati perabotan kayu di rumah Anda terlihat mengkilap.

5. Air Teh
Menjadikan perbotan kayu terlihat mengkilap tidak harus menggunakan bahan kimia. Dalam kehidupan sehari-hari kita ternya menjumpai bahan yang cukup ampuh untuk membuat perabotah kayu terlihat mengkilap, yaitu air teh.

Anda bisa menggunakan air teh untuk membuat perabotan kayu rumah Anda terlihat mengkilap. Caranya pun cukup sederhana, Anda cukup mengoleskan air teh ke perabotan kayu dengan menggunakan kain yang halus, biarkan sampai mengering, maka perabotan kayu Anda akan terlihat lebih cerah.

6. Mineral Oil
Kita sering menjumbai mineral oil digunakan untuk melembabkan permukaan benda. Sifatnya yang bening, tidak berbau, dan tidak mudah teroksidasi membuat minyak ini bagus digunakan untuk mengkilapkan perabotan kayu rumah Anda.

Kasiat yang terkandung dalam mineral oil selain bisa melembabkan ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada perabotan kayu Anda.

Cara menggunakannya, Anda cukup meneteskan mineral oil ke permukaan kayu lalu mengolesnya menggunakan busa yang halus. Labukan beberapa kali, sekitar 2-3 kali sampai Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Petroleum Jelly
Petroleum jelly dengan mineral oil sebenarnya hampir sama, yang membedakan hanya pada bentukanya saja. Kalau mineral oil itu cair, sedangkan petroleum jelly bentuknya gel. Oleh sebab itu, sebelum digunakan pada pelabotan, ada baiknya petroleum jelly dicampur dengan air terlebih dahulu supaya mudah dioleskan pada permukaan perabotan.

Langkah-langkah membersihkanya kuring lebih hampir sama dengan sebelumnya, yaitu diolehkan pada perabotan menggunakan busa atau kain yang halus supaya kayu terlihat mengkilap.

8. Mayonais
Barang yang satu ini mungkin tidak asing di telingan Anda. Kita sering menggunakan saus mayonais untuk salad buah-buahan, salad sayu, dan makanan yang lezat lainnya. Tapi pernah tidak Anda membayangkan kalau saus yang ini bisa digunakan untuk membersihkan noda apabila terdapat bercak noda pada perabotan kayu kita.

Mayonais sangat ampuh menghilangkan noda pulen dan tumbahan makanan yang mengotori furnitur kita. Anda cukup mengoleskan mayonais ke titik yang terkena noda dan mengolesnya perlahan-lahan sampai no menghilang. Jangna lupa bersihkan dengan tisu atau kain bersih yang baru supaya tidak ada semut yang mengigiti furniture Anda.

9. Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang memiliki sifat yang asam selain bisa digunakan untuk membersihkan besi yang berkarat, jeruk nipis ternyata juga digunakan untuk membersihkan perabotan kayu Anda secara alami.

Cara menggunakan buah ini untuk membersihkan noda pada furniture cukup mudah. Belah buah jeruk menjadi dua bagian, peras jeruk dan teteskan pada perabotan yang terkena noda, usap-usap sampai bersih. Maka Anda akan mendapatkan perabotan kayu Anda bersih kembali.