Ini Khasiat dan Manfaat Bangle


manfaat bangle

Manfaat Bangle

Bangle adalah salah satu tanaman rempah-rempah atau temu-temuan dengan nama latin Zingiber cassumunar. Dibeberapa daerah Tanaman ini punya nama lain seperti Panglai(sunda), mungle (aceh), bungle (tapanuli), bale (makasar), unin makei (Ambon), panini (Bugis), pandhiyang (Madura), kunik bolai (Rana minang). wiki

manfaat bangle

Tanaman ini Rimpangnya dimanfaatkan untuk bumbu dapur serta bahan pengobatan. Banyak juga didapat dipekarangan rumah-rumah. Bangle tumbuh di daerah Asia dari India samapi indonesia.Tananam ini dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang dipercaya berkhasiat sebagai peluruh lemak, Pelangsing, meningkatkan stamina & menjaga kesehatan tubuh.

Ekstrak rimpang bangle dilaporkan memiliki aktivitas farmakologi sebagai antibakteri, laksatif, dan inhibitor lipase pankreas. Kandungan senyawa yang terdapat dalam ekstrak yang diduga berperan dalam aktivitas tersebut. Kandungan senyawa yang terdapat di dalam tanaman dapat ditarik oleh suatu pelarut saat proses ekstraksi. Pemilihan pelarut yang sesuai merupakan faktor penting dalam proses ekstraksi. Metanol merupakan pelarut yang bersifat universal yang dapat menarik sebagian besar senyawa kimia dalam tanaman.

Khasiat Bangle, Kembaran Jahe yang Kaya Manfaat

Khasiat bangle sudah diketahui oleh nenek moyangkita dan diturunkan secara turun-menurun.Biasanay dimanfaatkan untuk merawat kulit baik sebagai anti-pemnuaan, pemutih, hingga melawan peradangan.Bangle adalah tanaman obat tradisional yang sudah lama di kenal di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Di Thailand, tanaman ini disebut dengan plai.

Tanaman ini bisa digunakan dalam mengatasi asma, pilek kronis, dan mual. Bukan itu saja, bangle juga digunakan sebagai antiseptik atau penangkal infeksi. Tanaman ini juga biasa digunakan sebagai penangkal sakit karena memiliki sifat analgesik. Untuk obat demam, masalah pencernaan, diare, bronchitis juga biasa diatasi dengan memanfaatkan bahan yang satu ini. Bahkan, bangle juga bisa diaplikasikan sebagai penangkal racun dari gigitan ular berbisa.
Di Indonesia, bangle sering digunakan sebagai pereda nyeri khususnya yang diakibatkan oleh peradangan sendi. Di Jawa misalnya, tanaman ini sering dipakai untuk mengatasi kemerahan pada kulit. Kondisi ini biasa disebut eritema dan merupakan reaksi awal inflamasi kulit.

itulah beberapa Manfaat Bangle dan khasiat dari bangle

Manfaat Bangle Untuk Kulit

Umumnya Bangle dimanfaatkan untuk bahan obat tradisional, Tanaman bangle atau rimpang bangle efektif dalam mengobati berbagai penyakit. Diantara khasiatnya yang telah banyak dirasakan khalayak ramai adalah obat untuk luka budug, luka eksim, cara, luka meradang, ruam-ruam merah, biduran, panu serta beberapa penyakit kulit lainnya. Senyawa antioksidan tinggi dan anti-inflamasi menjadikan obat tradisioanal ini sebagai bagian dari obat analgesik dan antipiretik.

Baca Selengkapnya https://bacamanfaat.com/manfaat-bangle-untuk-kulit/

Cara Mengatasi Gatal di Kulit Secara Alami

Pemanfaatan bangle atasi penyakit kulit. Bangle (Zingiber Montanum) merupakan tanaman rimpang yang umumnya sering dimanfaatkan untuk bahan obat tradisioanal. Seperti halnya obat tradisional lainnya, dimana tanaman bangle atau rimpang bangle efektif dalam mengobati berbagai penyakit. Diantara khasiatnya yang telah banyak dirasakan khalayak ramai adalah obat untuk luka budug, luka eksim, cara, luka meradang, ruam-ruam merah, biduran, panu serta beberapa penyakit kulit lainnya. Senyawa antioksidan tinggi dan anti-inflamasi menjadikan obat tradisioanal ini sebagai bagian dari obat analgesik dan antipiretik.