counter

Ini Caranya Membuat Jamu Kunyit Asam

Jamu Kunyit Asam

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Sudah banyak orang yang mengetahui khasiat dan manfaat kunyit asam untuk kesehaatan tubuh kita. Berbagai cara mengolahnya dari bumbu masakan, hingga diolah menjadi jamu.

Secara alamiah, kunyit mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), dan antiradang. Begitu juga dengan asam jawa yang mengandung bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik, dan penenang. Campuran kedua bahan alami ini telah terbukti aman dan tidak menyebabkan keracunaan bila dikonsumsi bersamaan.

Sebagai antioksidan

Kandungan antioksidan pada kunyit asam mempunyai aktivitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis. berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa formula terbaik minuman kunyit asam terdiri dari 25 persen asam, 5 persen kunyit, dan 70 persen air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

Mengendalikan gula darah

Rutinlah mengonsumsi jamu kunyit asam. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa orang dengan prediabetes yang mengonsumsi kapsul kurkumin cenderung menghambat kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Meredakan nyeri haid

Sudah sangat lazim jamu kunyit asam dikonsumsi wanita saat mendpatkan keluhan nyeri haid.Kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

Cara membuat jamu kunir asam

Cara membuatnya sangat praktis, hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti 1100 ml air, 20 gram asem jawa, 30 gram gula merah, dan garam secukupnya.

Cuci kunyit yang masih segar hingga bersih, lalu kupas kulitnya. Kemudian parut atau blender kunyit dengan sedikit air. Peras airnya hingga benar-benar habis. Didihkan air untuk merebus air perasan kunyit, gula merah, dan asem jawa. Setelah tercampur tambahkan garam secukupnya. Setelah jamu mendidih, matikan kompor dan tunggu hingga dingin.

Jamu kunyit asam siap dikonsumsi, baik dalam keadaaan dingin ataupun hangat.

Apakah boleh minum jamu kunyit asam setiap hari?

Kita tetap dapat menikmati segelas kunyit asam setiap pagi bukan menjadi masalah. Namun, apabila ingin lebih aman, minum setiap dua hari sekali untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Apa manfaat minum kunyit asam setiap hari?

Minum kunyit asem secara teratur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan antibakteri di dalamnya. Selain itu, curcumin dalam jamu kunyit asam juga bisa menjadi modulator kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

Apa manfaat kunyit asam untuk wanita?

Jamu kunyit asam dikenal sebagai minuman kesehatan untuk wanita. Jamu yang satu ini dipercaya bisa melancarkan haid, mengatasi bau badan, dan menghaluskan kulit. Selain baik untuk wanita, khasiatnya juga bisa dirasakan semua orang. Pasalnya kunyit memang kaya antioksidan yang baik untuk tubuh.

Bolehkah minum kunyit pada saat perut kosong?

Minum air kunyit hangat saat perut kosong ternyata punya manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Kunyit tak hanya digunakan untuk kelezatan makanan namun bisa menjadi ramuan yang memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Bolehkah minum air kunyit sebelum tidur?

Manfaat minum kunyit sebelum tidur juga dapat membuat jantung Anda tetap sehat. Kunyit akan menahan pelepasan sitokin dalam tubuh Anda. Sitokin adalah zat yang berhubungan dengan peradangan dan penyakit kardiovaskular. Minum susu kunyit setiap malam dapat membantu mengurangi risiko dan masalah jantung.

Efek Samping Mengonsumsi Kunyit

  • Gangguan pencernaan, seperti perut kembung, penyakit asam lambung, dan diare.
  • Sakit kepala.
  • Mual.
  • Ruam pada kulit.
  • Risiko terkena kanker usus dan kanker hati.