Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel

Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel – sekarang ini banyak kebutuhan sehari-hari kita harus menggunakan teknologi untuk kebutuhan harian kita. dulu kita menghitung angka dengan manual tapi sekarang sudah tidak lagi manual di tulis di buku, karena sekarang kita bisa menghitung sesuatu angka bisa dengan menggunakan kalkulator, hp, komputer atau laptop.

Dengan perkembangan jaman kita di mudahkan dengan teknologi sekarang. kalau kita menghitung data yang sedikit atau mungkin manual masih bisa, tapi jika kita menghitung ratusan atau bahkan ribuan data dengan manual menggunakan buku mungkin kita kesusahan menghitung data sebanyak itu. maka, teknologi lah yang bisa membantu kita agar bisa menyelesaikan data sebanyak itu dengan mudah.

Nah disini akan saya tunjukan cara menghitung rata-rata menggunakan aplikasi buatan Microsoft yaitu Microsoft Office.  Microsoft Office sendiri ada beberapa seperti Microsoft Word, Microsoft Power Point, Microsoft Access, Microsoft Excel dan masih ada yang lainnya. untuk menghitung rata-rata kita menggunakan Microsoft Excel, dan yang saya contohkan disini menggunakan versi yang Microsoft Excel 2013. ini hanya contoh bisa di terapkan di Microsoft Excel di versi yang lain.

 

Untuk cara menghitungnya bisa di lihat di bawah ini :

Contoh Menghitung Rata-rata satu kolom

Letakkan kursorke baris nilai rata-rata kemudian ketikkan rumus  lalu enter. Untuk memasukkan data dengan mudah, setelah rumus =average(, tandai seluruh data dari kolom C baris 2 sampai baris 11 kemudian beri tanda tutup kurung dan tekan enter.

Contoh Menghitung Rata-rata satu kolom Menggunakan Microsoft Excel 2013 Gambar 1

setelah enter akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini.

 

Contoh Menghitung Rata-rata Lebih dari Satu Kolom atau Banyak Kolom

sekarang kita coba membuat dengan beberapa kolom apakah masih semudah yang atas? sekarang kita siapkan datanya.

Contoh Menghitung Rata-rata Lebih dari Satu Kolom atau Banyak Kolom Menggunakan Microsoft Excel 2013 Gambar 1

Menghitung nilai rata-rata di kolom paling depan dahulu, rumusnya sama seperti diatas.

Contoh Menghitung Rata-rata Lebih dari Satu Kolom atau Banyak Kolom Menggunakan Microsoft Excel 2013 Gambar 2

Kalau sudah sekarang arahkan kursorke kotak nilai rata-rata kolom pertama sampai muncul tanda plus (+), kemudian klik dan tarik sampai ke kolom data paling ujung. Lepas dan rumus akan otomatis diterapkan ke semua kolom. Dengan begitu Anda tidak harus memasukkan rumus satu-satu ke kolom data.

Contoh Menghitung Rata-rata Lebih dari Satu Kolom atau Banyak Kolom Menggunakan Microsoft Excel 2013 Gambar 3

Seperti inilah hasilnya

Contoh Menghitung Rata-rata Lebih dari Satu Kolom atau Banyak Kolom Menggunakan Microsoft Excel 2013 Gambar 4

Cara yang sama juga dapat Anda terapkan untuk mencari nilai rata-rata setiap barisnya. Masukkan rumus averageke kolom paling kanan baris paling atas.

Contoh Menghitung Rata-rata Lebih dari Satu Kolom atau Banyak Kolom Menggunakan Microsoft Excel 2013 Gambar 5

Setelah hasilnya didapat, arahkan kursorke tepi kanan nilai rata-rata pertama kemudian klik dan tarik sampai ke baris paling bawah.

Contoh Menghitung Rata-rata Lebih dari Satu Kolom atau Banyak Kolom Menggunakan Microsoft Excel 2013 Gambar 6

Hasilnya seperti ini. Nilai rata-rata sudah berhasil dihitung baik untuk kolom maupun baris.

Contoh Menghitung Rata-rata Lebih dari Satu Kolom atau Banyak Kolom Menggunakan Microsoft Excel 2013 Gambar 7

Selesai dengan mudah kan, di atas hanya contoh 10 data orang. cara di atas bisa di aplikasikan ke data yang lebih banyak dan juga di terapkan ke versi hp atau desktop lainnya juga bisa. sebenarnya untuk versi 2010 keatas sudah ada menu rata-rata tanpa harus mengetik. tapi disini saya menunjukan caranya agar tahu alurnya. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Selengkapnya https://bacamanfaat.com/cara-menghitung-nilai-rata-rata-di-microsoft-excel/