Cara Membuat Kopi Tubruk


Cara Membuat Kopi Tubruk

Cara Membuat Kopi Tubruk – Cara Menyajikannya tidak sekedar dengan menuangkan air panas ke bubuk kopi pada wadah cangkir. Ada banyak faktor yang mempengaruhi rasa kopi tubruk yang kita buat, tidak hanya takaran paduan gula dan kopinya ataupun air panas. Juga bisa dari kesegaran bubuk kopi yang digunakan, suhu air panas untuk menyeduh dan banyak lagi.

Cara Membuat Kopi Tubruk

Untuk membuat kopi tubruk yang nikmat ada rasio kopi dan air yang tepat. Ada yang menggunakan 1:10 dan tidak sedikit yang menggunakan 1:12, Bahkan ada pula yang menakar dengan menggunkan takaran sendok. Tiak kalah penting suhu air panas yang optimal.  Suhu optimal air panas untuk menyeduh pada titik 92 – 96 derajat celcius. Jika tidak ada Thermometer bisa dengan cara Ketika air panas mulai mendidih, kemudian saya mempersiapkan segala sesuatunya untuk membuat kopi tubruk, sehingga ada jeda air panas akan turun di titik optimal suhu air untuk penyeduhan kopi.

Cara Membuat Kopi Tubruk yang Benar ala Barista

Bagaiman sih jika kita mau membuat kopi tubruk yang enak ala Barista. Untuk membuat secangkir kopi  tubruk, harus memastikan  berat biji kopi sebelum digiling adalah 12 gram dengan perbandingan air sekitar 210ml.Tapi perlu diinget takaran tersebut bukanlah takaran yang pakem, tergantung baristanya. Apabila rasio 12 gram biji kopi dirasa masih terlalu halus atau terlalu kasar, kita tinggal menambahkan atau mengurangi biji kopi sampai rasanya pas.

 Dengan Cara Mendidihkan air kemudian langsung mencampur ke dalam cangkir. Cara ini malah membuat cita rasa kopi terlalu terbuang. Lebih baik  memasak air, lalu didiamkan dulu sekitar 5 menit untuk mendapatkan panas yang sempurna.

Sebaiknya pakai cangkir berbahan dari kaca atau keramik, karena kopi bisa melindungi suhu kopi dan tertanam dalam cangkir. Yang belum terbiasa minum kopi tanpa gula, jangan terlalu menabahkan banyak gula. Tambahkanlah 1 sendok gula di dalam setiap 210 ml.

Diamkan sejenak setelah menyeduh kopi yang telah dicampur  air panas kira-kira 2-3 menit. Kopi yang langsung tersiram air panas ini masih akan mencari tekstur kopi dan bercampur dengan air. Jadi lebih baik tunggu 2-3 menit setelah kopi diseduh baru diminum.

Demikian Tips Bagaimana Cara Membuat Kopi Tubruk yang nikmat ala Barista. Semoga tulisan ini bermanfat terutama bagi kamu yang suka minum kopi dirumah.