Beginilah Cara Tidur Nyenyak Dan Sehat

Beginilah Cara Tidur Nyenyak Dan Sehat

Beginilah Cara Tidur Nyenyak Dan Sehat – Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Karena setiap orang memiliki kebutuhan istirahat dan tidur yang berbeda-beda. Pola tidur yang baik dan teratur akan memberikan efek yang bagus terhadap kesehatan. Pemenuhan kebutuhan tidur sangat diperlukan terutama pada orang yang sedang sakit untuk mempercepat proses penyembuhan.

Orang yang mengalami kurang tidur bahkan sampai imsonia dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. beberapa gangguan orang yang kurang tidur antara lain gangguan jantung mulai dari irama jantung kurang baik sampai gagal jantung, menurunnya performa seks, mudah sakit dan susah sembuh, dan percepatan penuaan dini yang menjadikan wajah kita tidak terlihat fresh.

Untuk menjaga tidur kita bisa tidur teratur dan nyenyak berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda coba supaya tidur bisa lebih nyenyak :

1. Memijat Kepala dengan Lembut
Jika Anda tidak bisa tidur cobalah untuk memujat kepala dengan lembut. Pijatan ini akan membuat Anda rileks sehingga akan mendapat tidur nyenyak.
2. Menulis Apapun
Dalam sehari beraktivitas mungkin ada berbagai ide atau pemikiran yang datang dan pergi. Nah, ekspresikan apa yang ada dalam benak Anda melalui tulisan. Tuliskan semuanya di atas kertas.
Jika Anda kesal, tuliskan saja kekesalan Anda. Sebab hanya dengan menuliskan unek-unek akan membuat Anda tenang sehingga tidur pun akan lebih lelap.
3. Mendengarkan Musik yang Lembut
Pilihlah musik dan lagu lembut yang Anda suka sebelum tidur. Sebab musik yang lembut akan menenangkan pikiran. Letakkan music player tersebut dekat dengan jangkauan Anda sehingga kapanpun Anda bisa mematikannya.
4. Berendam
Sebelum tidur, Anda bisa mencoba berendam di bath tub selama beberapa saat. Kegiatan ini akan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik. Sebab berendam dengan air hangat akan membuat tubuh rileks dan pikiran santai sehingga Anda pun bisa tidur lelap.
5. Disiplin
Tentukan jam kapan Anda harus tidur setiap malam. Setelah menentukan jam tidur, pastikan Anda menjalankan jadwal yang dibuat sendiri itu. Ritual ini akan membuat badan Anda tahu benar kapan saatnya untuk rileks.
6. Minum Susu Hangat
Minum susu hangat sebelum tidur malam baik lho untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak. Sebab susu memiliki asam amino yang disebut tryptophan, yang bisa mendorong seseorang tidur lebih nyenyak.
Semoga cara di atas bisa membantu anda agar bisa tidur nyenyak lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *