Bagaimana Melindungi Diri Anda Dari Cacar Air Monyet Dan Tahu Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anda Ketahuan

Wabah Monkeyhead baru-baru ini terdeteksi di Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan Timur Tengah.

Fakta ini telah membingungkan para profesional kesehatan dan menimbulkan kekhawatiran akan wabah yang lebih luas.

Hingga Rabu, data World In kami menunjukkan ada 346 kasus yang dikonfirmasi dan dicurigai di 22 negara di luar benua Afrika tempat virus itu endemik.

Ini adalah penyebaran virus komunitas pertama yang diketahui.

Sebelum pandemi ini, kasus cacar air monyet dikaitkan dengan perjalanan ke daerah dengan virus endemik atau dengan hewan impor yang menularkan virus.

Sebagian besar kasus baru ditularkan melalui hubungan seksual, dan konsentrasi tertentu terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan jenis kelamin yang sama.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa setiap orang berisiko tertular virus, tidak terbatas pada komunitas tertentu.

Anak-anak, ibu hamil, dan kelompok dengan gangguan kekebalan (compromised immunity) juga dianggap berisiko.

Sebuah pernyataan yang diposting di situs resmi WHO mengatakan “siapa pun yang melakukan kontak dekat dengan seseorang yang menyebarkan virus ini berisiko tinggi”.

Cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus cacar monyet, yang merupakan bagian dari keluarga yang sama dengan cacar, meskipun penyakit ini biasanya tidak terlalu serius.

Vaksinasi cacar diklaim hingga 85% efektif melawan monkeypox.

Jumat (27 Mei 2022) Situs web CNBC mengutip WHO pada hari Senin mengatakan tidak diperlukan vaksinasi massal untuk memerangi pandemi.

Namun, kurangnya kejelasan tentang tingkat dan penyebab wabah telah mendorong badan kesehatan masyarakat untuk mendesak masyarakat untuk mempraktikkan kebersihan yang baik dan seks yang aman untuk mengendalikan penyebaran.

Lindungi diri Anda dari cacar monyet

Meskipun para ahli kesehatan setuju bahwa masyarakat umum memiliki risiko tertular virus yang rendah, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena cacar monyet.

Berikut ini adalah rekomendasi dari US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), UK National Health Service dan WHO.

Hindari kontak dengan orang yang baru saja didiagnosis dengan virus atau yang mungkin terinfeksi.

– Kenakan masker jika Anda berada dalam kontak dekat dengan seseorang yang memiliki gejala.

– Waspadai gejala kepala monyet saat Anda menggunakan kondom dan berganti pasangan baru-baru ini.

– Hindari kontak dengan hewan yang dapat menularkan virus, termasuk hewan yang sakit atau mati, terutama yang menular, seperti monyet dan hewan pengerat.

– Lakukan kebersihan tangan yang baik, terutama setelah kontak dengan hewan yang terinfeksi atau orang yang dicurigai terinfeksi.

Misalnya, cuci tangan dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol.

– Gunakan alat pelindung diri (APD) saat merawat pasien dengan infeksi kepala monyet yang dikonfirmasi atau dicurigai.

Makan hanya daging yang dimasak dengan baik.

Cacar juga dapat ditularkan pada permukaan dan melalui bahan, jadi sebaiknya hindari kontak dengan bahan yang digunakan oleh manusia atau bersentuhan dengan hewan yang sakit.

“Ini adalah virus yang sangat stabil di luar inang manusia, sehingga dapat hidup di selimut dan barang-barang lainnya,” kata Dr Scott Gottlieb, mantan direktur Administrasi Makanan dan Obat Skotlandia (FDA), Senin.

Hal yang sama dikatakan Rabu lalu oleh Emmanuel André, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Courben di Belgia.

“Kebiasaan yang baik adalah mencuci pakaian dan tempat tidur secara teratur pada suhu tinggi,'” jelas profesor. Andre.

Namun, menurut dia, masyarakat umum tidak harus menghindari tempat-tempat umum, taksi, pertokoan, dan hotel.

“Orang biasa seharusnya tidak lebih berhati-hati daripada kita dalam kehidupan normal. Tetapi jika kita berada dalam populasi berisiko tinggi, kita tahu mereka berada di lingkungan berisiko tinggi, kita perlu mengambil langkah ekstra, ” simpul Dihapus . setuju. Andre.

Apa yang akan terjadi jika Anda mendapatkan kepala monyet?

Jika Anda menduga Anda menderita cacar monyet, Anda harus menghindari kontak fisik dengan orang lain dan segera mencari bantuan medis.

Gejala awal cacar air monyet termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, bengkak, dan sakit punggung.

Juga, ruam dan bisul muncul di wajah, tangan, kaki, mata, mulut, dan alat kelamin, biasanya dalam 1 hingga 5 hari.

Ruam kemudian berubah menjadi lepuh terangkat dengan lepuh yang akan terisi cairan putih sebelum akhirnya pecah dan terkelupas.

Meskipun banyak gejala virus yang mudah dikacaukan dengan penyakit lain seperti cacar air, herpes zoster atau sifilis, konfirmasi medis tentu sangat penting.

Jika Anda telah didiagnosis menderita cacar air monyet, Anda harus mengisolasi diri sampai pulih sepenuhnya.

Penyakit ini biasanya ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam waktu 2 sampai 4 minggu.

Nasihat medis saat ini bervariasi dari satu negara ke negara lain, tetapi Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mencatat bahwa Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit khusus untuk mencegah infeksi menyebar ke orang lain.