15 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

15 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Posted on

15 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya – Banyak masyarakat indonesia di gunakan untuk aroma penyedap masakan. Daun salam memiliki kandungan senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C yang mampu menurunkan kadar trigliserida. dari kandungan yang terdapat di dalam daun salam anda bisa mencoba mengolah daun salam untuk dijadikan obat herbal.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Berikut ini adalah berbagai khasiat daun salam untuk kesehatan yang jarang Anda ketahui:

1. Mengontrol diabetes

Bagi mereka yang menderita diabetes, ada baiknya rutin mengonsumsi daun salam. Daun ini ternyata kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu proses produksi insulin pada tubuh dengan baik. Tak hanya itu, daun salam ternyata juga bisa membantu proses penurunan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Beberapa penelitian kesehatan juga membuktikan bahwa daun salam bisa mengatasi diabetes tipe 2.

2. Mengendalikan tekanan darah

Manfaat daun salam yang mengandung flavonoid, ternyata mampu membantu tubuh mengendalikan tekanan darah. Kita hanya perlu mengambil 10 lembar daun salam untuk kemudian direbus bersama dengan 3 gelas air. Rutin meminum air rebusan daun salam ini setidaknya sekali setiap hari, maka kita bisa menurunkan tekanan darah dengan signifikan.

3. Mengatasi batuk

Jika kita terkena batuk dan tidak kunjung sembuh, maka ada baiknya kita mencoba ramuan dari daun salam. Rebuslah 2 lembar daun salam dengan segelas air. Setelah didinginkan selama 10 menit, kita hanya perlu merendam kain bersih pada ramuan tersebut dan kemudian diusapkan kain ini pada dada. Cara ini dipercaya bisa meredakan batuk.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Daun salam memiliki efek yang sangat kuat pada sistem gastrointestinal, baik merangsang buang air kecil sebagai diuretik, yang menurunkan toksisitas tubuh dan juga merangsang muntah ketika racun masuk ke dalam tubuh.

Senyawa organik yang ditemukan di daun salam sangat efektif untuk mengendapkan sakit perut, sindrom usus yang mudah tersinggung, atau bahkan mengurangi gejala penyakit Celiac. Beberapa protein yang lebih kompleks dalam diet modern sulit dicerna, tetapi enzim unik yang ditemukan di daun salam membantu melancarkan pencernaan dan asupan nutrisi yang efisien.

5. Membantu menyehatkan rambut

Untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut dan menghilangkan ketombe, daun salam direbus dan kemudian air rebusan yang telah didinginkan digosokkan pada kulit kepala setelah keramas. Bahan kimia dan bahan yang mudah menguap di daun salam dapat membantu menghilangkan kulit kering dan ketombe.

6. Membantu mengobati gangguan pernapasan

Ekstrak minyak esensial daun salam dapat dicampurkan ke dalam salep dan diterapkan ke dada untuk membantu meringankan berbagai kondisi pernapasan. Daun salam juga bisa ditumbuk sebagai obat dengan mengoleskannya di dada dan dibiarkan selama semalam.

Menghirup uap daun salam memiliki efek yang mirip dengan aromaterapi dan dapat mencairkan dahak dan menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terperangkap di saluran pernapasan. Manfaat daun salam ini memiliki kualitas antibakterinya yang alami.

7. Membantu mencegah kanker

Kombinasi unik antioksidan dan senyawa organik pada daun salam, termasuk fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide, dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel sehat bermutasi menjadi sel kanker, kabar baiknya manfaat daun salam untuk kanker, yang bertindak sebagai pencegah kanker.

8. Menyehatkan jantung

Manfaat daun salam untuk jantung karena daun harum ini mengandung senyawa rutin dan asam caffeic. Kedua senyawa ini dapat menguatkan dinding jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak dan berisiko menyebabkan serangan jantung atau stroke.

9. Mengobati batu ginjal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa khasiat daun salam dapat membantu mengurangi tingkat urease (enzim yang mengkatalisis hidrolisis urea, membentuk amonia dan karbon dioksida) dalam tubuh. Jika memiliki banyak urease, kondisi ini dapat menyebabkan perkembangan batu ginjal dan masalah lambung lainnya.

10. Meredakan nyeri

Manfaat daun salam dapat mengurangi rasa sakit pada penderita segala jenis keseleo, radang sendi, dan masalah sendi, berkat kandungan sifat antiinflamasi dalam daun salam.

Anda bisa membuat ramuan dari daun salam dan daun jarak yang telah ditumbuk hingga halus. Oleskan pada radang sendi dan biarkan selama 20 menit.

11. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya dapat mengobati luka dan bekas luka. Ini berkat sifat antibakteri dan antimikroba dalam daun salam. Caranya hampir sama seperti di atas, Anda hanya menumbuk daun salam dan mengoleskan pada luka atau bekas luka.

12. Membantu mengatasi infeksi jamur

Berdasarkan penelitian, sifat antijamur dari daun salam dapat menatasi infeksi candida, dan mencegah adhesi Candida, dengan demikian menjaganya agar tidak menembus membran.

13. Bersifat menenangkan

Seperti teh herbal lainnya yang dapat menenangkan, manfaat daun salam kering yang dijadikan teh memiliki sifat menenangkan saraf dan mencegah rasa cemas. Bila Anda merasa cemas, segera minum teh daun salam.

14. Mengatasi masalah menstruasi

Manfaat rebusan daun salam dapat mengatasi masalah menstruasi atau haid menjadi teratur dan normal. Daun salam juga memiliki sifat menyembuhkan keputihan. Untuk mendapatkan kahasiatnya, konsumsilah air rebusan daun salam atau teh daun salam.

15. Membantu cepat tidur

Mengonsumsi air rebusan daun salam sebelum waktu tidur dapat membantu tidur lebih cepat. Anda juga mengonsumsi ekstrak daun salam yang dicampur dengan air.

Efek Samping Daun Salam

Meskipun memiliki segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh, daun salam ternyata memiliki efek samping yang penting untuk Anda ketahui berikut, di antaranya:

1. Mengganggu kontrol gula darah

Meskipun daun salam dapat membantu menurunkan kadar gula darah, daun salam juga memiliki efek samping yang mengganggu kontrol gula darah. Oleh karena itu pemantauan gula darah secara cermat diperlukan.

Jadi, kosultasikanlah dengan dokter bila Anda sudah menggunakan daun salam untuk gula darah tinggi atau diabetes.

2. Kemungkinan berisiko selama operasi

Daun salam kemungkinan dapat memperlambat sistem saraf pusat. Tentu kondisi ini akan menyebabkan masalah selama operasi (karena penggunaan anestesi). Disarankan berhenti menggunakan daun salam setidaknya dua minggu sebelum menjalani operasi.

3. Menganggu pencernaan

Daun salam dan minyak daun salam kemungkinan aman dikonsumai bagi kebanyakan orang dalam jumlah yang tepat. Namun, jika mengonsumsi daun salam utuh kemungkinan tidak aman. Daun salam utuh tidak bisa dicerna, jadi tetap utuh saat melewati sistem pencernaan.