14 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Posted on

14 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan – Saat mendengar daun sirih mungkin banyak dari kita untuk nginang saja. atau sebagian daerah nyirih. tapi ada juga beberapa yang tahu untuk pengobatan jaman dulu.

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat daun sirih untuk kesehatan, perlu Anda ketahui bahwa daun sirih adalah tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air sehingga daun sirih rendah lemak dan kalori.

Selain itu, daun sirih juga memiliki kemampuan membunuh bakteri dan jamur serta memiliki peran sebagai antioksidan. Manfaat daun sirih yang sudah sejak lama digunakan adalah sebagai antiseptik untuk pengobatan luka bakar.

Berikut adalah manfaat daun sirih yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Membantu menurunkan berat badan

Tidak perlu lagi meminum obat penurun berat badan. Cukup dengan meminum air rebusan daun sirih secara rutin, dapat membantu menurunkan berat badan kamu.

Karena dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih, sistem metabolisme dalam tubuh akan meningkat, sehingga menghilangkan kadar air yang berlebihan atau racun dari dalam tubuh.

Selain itu, serat dari daun sirih juga dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh, sehingga membuat berat badan lebih mudah turun.

2. Membantu mengatasi mimisan

Siapa yang tidak tahu kalau daun sirih ini dapat digunakan untuk mengatasi mimisan? Kandungan antioksidan tannin dalam daun sirih ini dapat mempercepat respon tubuh dalam menyembuhkan luka yaitu dengan membekukan darah lebih cepat.

3. Dapat menurunkan depresi

Siapa sangka dengan meminum air rebusan daun sirih atau mengunyah daun sirih dapat menurunkan gejala depresi. Dari beberapa penelitian para ahli menyatakan bahwa mengonsumsi daun sirih dapat membuat otak memproduksi hormon serotin, sehingga membuat kita merasa lebih bahagia.

4. Membantu proses penyembuhan luka

Karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, hal ini membuat daun sirih mampu mengatasi stres oksidatif sehingga mampu membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat. Cara mengolahnya, Anda hanya perlu mengoleskan daun sirih pada luka dan setelahnya tinggal dibungkus dengan perban. Luka ini pun akan bisa segera sembuh hanya dalam 1-2 hari saja.

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat daun sirih juga dipercaya mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Caranya, minumlah air rebusan daun sirih. Konsumsi air rebusan ini membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak daun sirih pada perut yang membuat perut terasa lebih nyaman.

6. Menghambat karies gigi

Kebiasaan menginang beberapa orang tua terdahulu ternyata terbukti memberi manfaat baik untuk gigi. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa manfaat daun sirih ternyata mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi. Karies gigi adalah salah satu momok kesehatan paling umum dialami.

Kandungan minyak atsiri, flavonoid, alkanoid, dan senyawa fenolik lah yang dipercaya menghambat karies gigi. Semua senyawa ini pada dasarnya bersifat aktif terhadap bakteri S. mutans.

7. Meringankan sembelit

Daun sirih ternyata mengandung antioksidan yang bisa membersihkan tubuh dari radikal bebas. Tak hanya itu, daun sirih juga bisa mengembalikan tingkat pH normal pada perut yang bermasalah sehingga konstipasi atau sembelit pun hilang.

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu mengunyah daun sirih setiap hari. Atau kamu juga bisa menumbuk daun sirih dengan air dan menyimpannya selama semalaman. Minumlah air tersebut pada kondisi perut kosong.

8. Menjaga saluran pencernaan

Daun sirih kabarnya bisa melindungi kesehatan saluran cerna, karena bisa membantu meningkatkan produksi lendir. Nah, produksi lendir tersebut akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang bisa terjadi karena berbagai hal.

Tak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna agar proses pembuangan materi limbah bekerja lebih baik.

9. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Menurut beberapa ahli, meminum air rebusan daun sirih atau daun sirih yang dikeringkan bisa membantu kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2

Lebih lanjut, manfaat tersebut datang dari kandungan antioksidannya yang tinggi dan bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

Meski begitu, bukan berarti daun sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus dijalani. Kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum rebusan daun sirih tersebut.

10. Meningkatkan nafsu makan

Menurunnya tingkat nafsu makan merupakan salah satu tanda dari gangguan perut. Kabarnya, daun sirih bisa mengembalikan tingkat pH normal pada lambung dengan membuang semua racun.

Hasilnya, nafsu makan pun akan meningkat dan tentunya pada kesehatan.

11. Penangkal kanker

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, daun sirih mengandung antioksidan eugenol yang bisa membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ambil 10 hingga 12 lembar daun sirih dan rebus bersama air selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, pisahkan airnya dan tambahan sedikit madu. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari.

12. Untuk Pencernaan Sehat

Daun sirih memiliki khasiat yang karminatif, gastro-protektif dan anti-gas dalam perut, yang semuanya diketahui mempercepat pencernaan yang baik. Ini merangsang pelepasan air liur yang memiliki berbagai enzim di dalam perut untuk memecah makanan, sehingga mudah dicerna.

Cara terbaik untuk memanfaatkan daun sirih adalah dengan merebusnya bersama daun peppermint. Saring airnya dan minum untuk merawat pemcernaan. Khususnya, untuk anak-anak dengan masalah pencernaan.

Tetapi, jika tidak menyukai rasanya, bisa dengan membuat minyak dari daun sirih dan memijatnya di perut. Cara ini akan membantu sekresi jus lambung dan asam pencernaan.

13. Untuk Sembelit

Daun sirih dikemas dengan vitamin C yang membantu tubuh menyingkirkan radikal bebas. Apalagi antioksidan membantu mengatur tingkat pH lambung. Yang harus dilakukan adalah merendam daun sirih dalam air dan menyimpannya dalam semalam. Minumlah air itu dengan perut kosong keesokan paginya atau bisa mengunyah daun sirih yang sudah direndam.

14. Kurangi Nyeri Lambung

Daun sirih menormalkan tingkat pH lambung yang tidak seimbang yang memberikan pertolongan cepat pada nyeri lambung, keasaman dan rasa sakit yang timbul karena masalah kembung. Selain itu, juga menjaga duodenum bersih dari radikal bebas berbahaya serta racun.