12 Manfaat Garam, Bisa Redakan Jerawat Di Wajah

12 Manfaat Garam, Bisa Redakan Jerawat Di Wajah

Posted on

12 Manfaat Garam, Bisa Redakan Jerawat Di Wajah –¬† kita mengenal garam sebagai bahan perasa asin pada makanan, tapi ternyata ada banyak manfaat lain dari garam lho. beberapa kita mungkin sudah tahu kalau garap dimanfaatkan untuk mengawetkan ikan. tapi kali ini di manfaatkan untuk manusia.

Siapa sangka kandungan dari garam ternyata bagus untuk tubuh kita, terutama untuk kulit wajah maupun kulit badan. karena tergolong mudah dan murah mencarinya garam menjadi pilihan perawan kulit kita. Mulai dari melawan jerawat hingga menyembuhkan bibir pecah-pecah, garam ternyata cukup berguna untuk dijadikan perawatan kecantikan alamiah.

Kandungan mineral magnesium, kalium, natrium, serta kalsium yang tinggi membuat garam diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Berikut ini 10 Manfaat Garam untuk kesehatan kita :

1. Detoks Kulit

Manfaat Garam Detoks Kulit
Garam telah digunakan sebagai bahan campuran sejumlah perawatan facial di salon. Garam dipercaya bisa melembabkan serta menghilangkan bakteri yang menutup pori-pori kulit. Namun jika ingin mencoba perawatan garam di rumah, Anda bisa melakukannya dengan menyampurkan secangkir garam dengan ke bak mandi berisi air hangat. JSitus Beauty Sweety Spot mengatakan mandi garam selama setengah jam bisa membantu Anda mendetoksifikasi dan mengurangi bengkak pada tubuh.

2. Facial Wajah

Manfaat Garam Facial WajahTekstur garam yang sedikit kasar bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati wajah. Katherine Dorn dari Pierre Michael Salon menyarankan agar Anda mencampurkan garam dengan minyak wajah atau facial oil. Kemudian pijatkan adonan tersebut pada wajah dengan gerakan berputar. Setelah itu bilas dan bersihkan wajah seperti biasanya.

3. Toner Wajah

Manfaat Garam Toner Wajah
Idealnya, setelah membersihkan wajah dengan sabun muka favorit, gunakan toner supaya wajah benar-benar bersih dan bebas dari kotoran.Nah, salah satu manfaat garam untuk wajah adalah sebagai toner alami yang bisa membantu membersihkan sisa-sisa debu atau bahkan makeup yang menempel pada wajah.Hal ini bukan tanpa alasan, sebab garam dipercaya mampu membersihkan pori-pori kulit dan menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Bagi Anda yang punya masalah dengan jerawat, penggunaan toner wajah dari garam ini juga bisa membantu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.Cara pakainya pun terbilang mudah. Anda hanya tinggal mencampurkan satu sendok teh garam dengan empat sendok makan air hangat atau matang, lalu masukkan ke dalam botol semprot berukuran kecil. Pastikan garam dan air telah larut dengan sempurna. Gunakan dua kali dalam sehari dan hindari menyentuh area mata.

4. Rambut Bergelombang Alami

Manfaat Garam Rambut Bergelombang Alami
Ingin tampil gaya rambut ala beach waves saat berlibur ke pantai? Semprotkan saja air laut ke rambut Anda. Mengaplikasikan air garam ke rambut mungkin terdengar aneh. Namun menyemprotkan campuran air dengan garam atau air laut asli kepada rambut dapat menghasilkan rambut ikal alami serupa beach waves tanpa perlu ke salon. Amber Katz dari situs Rouge 18 menyatakan jika ada pasir yang menempel malah akan menambah tekstur yang memperindah bentuk ikal rambut.5. Redakan Jerawat
Manfaat Garam Redakan Jerawat
Jerawat menjadi salah satu penyakit kulit yang paling ditakutkan para wanita. Jerawat yang sering menyerang secara mendadak tersebut pun bisa diredakan dengan menggunakan garam. Bonnie Ndoci seorang pemilik salon Facials by Bonnie mengatakan jika garam bisa dipakai untuk melawan jerawat akibat bahan kimia seperti sampo yang menyebabkan alergi pada kulit wajah.Caranya adalah dengan menyampurkan seperempat sendok garam dengan segelas air hangat. Kemudian rendamlah kapas di dalamnya. Lalu taruh kapas tersebut di area jerawat dan tunggu hingga sekitar satu menit. Garam akan mengurangi pembengkakan serta kemerahan pada jerawat.6. Obati Bibir Pecah
Manfaat Garam Obati Bibir Pecah
Bagi Anda pemiliki bibir kering dan kerap mengalami bibir pecah-pecah, garam bisa menjadi alternatif penyembuh alaminya. Hal tersebut pun diungkapkan oleh situs Entertainista yang menyarankan agar Anda menyampurkan tiga sendok garam dengan sesendok Vaseline. Setelah itu aduk dan gosokkan adonan secara perlahan pada bibir untuk mengelupas kulit keringnya. Kemudian bersihkan kulit-kulit yang tersisa menggunakan lap basah. Jangan lupa untuk memulaskan lip balm yang melembabkan seusai perawatan.7. Scrubbing Wajah
Manfaat Garam Scrubbing Wajah
Scrubbing bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bersarang di wajah. Biasanya, proses scrubbing ini dikenal dengan nama eksfoliasi. Jika rutin melakukan eksfoliasi dengan scrub, maka kotoran dan sel-sel kulit mati akan luruh. Akhirnya, wajah Anda akan tampak lebih bersih, bersinar, dan sehat.Ternyata, garam juga bisa Anda gunakan sebagai bahan alami untuk scrub wajah, lho. Ini karena garam memiliki tekstur seperti butiran-butiran kecil yang bisa bantu mengeksfoliasi dan menghaluskan kulit wajah. Bila ingin hasil yang optimal, Anda bisa menambahkan lidah buaya, minyak almond, atau bahan alami lainnya sesuai selera.Caranya, campurkan setengah cangkir garam dengan seperempat cangkir lidah buaya dan empat sendok teh minyak almond. Aduk semua bahan hingga berbentuk seperti pasta kental, pastikan adonan scrub tidak terlalu kering. Lalu aplikasikan ke wajah seperti saat memakai scrub biasa, pijat lembut dengan gerakan melingkar dan hindari menggosok wajah terlalu keras.

8. Meredakan Mata Bengkak

Manfaat Garam Meredakan Mata Bengkak
Meski banyak orang mengatakan jika kebanyakan mengkonsumsi garam bisa membuat wajah menggemuk, bumbu dapur ini ternyata handal dalam meredakan pembengkakan jika dipakai sebagai perawatan luar. Misalnya untuk bagian mata, Anda bisa mencampurkan garam dengan air hangat untuk diaplikasikan pada mata bengkak.9. Merendamkan Kaki Terinfeksi
Manfaat Garam Merendamkan Kaki Terinfeksi
Pernah mengalami infeksi setelah melakukan pedikur? Sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter, Anda bisa mencoba ramuan alami untuk menyembuhkannya dengan bahan dasar garam. Caranya adalah dengan memasukkan secangkir garam pada air hangat. Gunakan air tersebut untuk merendam kaki yang terinfeksi dan tunggu hinnga setengah jam. Kabarnya infeksi bisa sembuh dengan dua hari perawatan. Terapkan cara ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.10. Cairan Kumur
Manfaat Garam Cairan Kumur
Katherine Dorn ternyata banyak memanfaatkan garam sebagai rutinitas kecantikan. Tak hanya untuk wajah atau rambut namun juga untuk mulut. Agar nafas lebih segar serta mulut dan gigi lebih bersih, ia menggunakan campuran air, garam, baking soda sebagai cairan kumur alami.

11. Masker Wajah

Manfaat Garam Masker wajah

Saat stok masker di rumah sudah mulai menipis, tidak perlu buru-buru beli yang baru. Anda bisa memanfaatkan persediaan garam di dapur sebagai masker wajah alami. Untuk memaksimalkan hasilnya, coba campurkan garam laut bersama bahan alami lainnya, seperti madu.

Pasalnya, baik garam maupun madu, memiliki sifat antiradang yang bagus untuk meredakan iritasi dan jerawat yang membandel. Tidak hanya itu, produksi minyak di kulit wajah juga jadi lebih seimbang sekaligus mampu melembabkan area wajah yang kering.

Anda bisa mencampurkan dua sendok teh garam laut yang telah ditumbuk halus, dengan empat sendok teh madu asli sampai tekstur keduanya berbentuk seperti pasta.

Selanjutnya, oleskan ke wajah secara merata tapi hindari area mata. Diamkan masker hingga mengering sekitar 10-15 menit. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perawatan wajah seperti biasa.

12. Sabun Cuci Muka

Manfaat Garam cuci muka

Uniknya, manfaat garam untuk wajah lainnya bisa Anda gunakan sebagai sabun cuci muka.

Berbagai produk kecantikan pun sudah mulai berlomba-lomba untuk mengeluarkan sabun cuci muka yang berbahan dasar garam laut. Alasannya, karena garam mengandung berbagai nutrisi penting sebagai kunci untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Selain itu, kemampuan alami garam laut yang bisa mencegah timbulnya jerawat serta mengontrol kadar minyak berlebih di wajah, juga menjadi alasan lain pemilihan garam sebagai bahan alami sabun cuci muka.