11 Manfaat Teh Hijau

11 Manfaat Teh Hijau – Ada bebera jenis teh di dunia salah satunya adalah teh hijau, saat ini pengolahan teh hijau menjadi sangat populer di kalangan masyarahat kita. aneka racikan berbahan dasar teh hijau tersedia. Selain rasanya yang nikmat, banyak orang percaya akan manfaat teh hijau yang berlimpah.

Teh hijau sendiri awalnya di konsumsi oleh orang jepang, tapi lambat laun hampir orang di seluruh dunia iku mengkonsumsi teh hijau ini. teh hijau juga kini mulai dipasarkan ke berbagai negara, termasuk Indonesia, lho. Meskipun di Indonesia teh hitam lebih umum dijumpai dan dikonsumsi, tapi kini teh hijau juga mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut tentu didasari oleh rahasia umum bahwa khasiat teh hijau sangat baik bagi kesehatan.

Memiliki berbagai kandungan alami di dalamnya, teh hijau banyak dikonsumsi untuk berbagai tujuan untuk kesehatan. Memang teh hijau sangat dikenal sebagai teh untuk pelangsing, akan tetapi, teh hijau memiliki manfaat lain yang tidak hanya digunakan untuk melangsingkan tubuh, akan tetapi juga untuk menjaga kesehatan. Selain dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh, teh hijau juga memiliki beberapa manfaat lain, diantaranya:

  1. Khasiat Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan
    Sejatinya, teh hijau tidak benar-benar memangkas berat badan Anda. Hanya saja, teh hijau adalah minuman sehat yang dapat mengganti peran minuman manis yang biasa Anda konsumsi sehari-hari. Minuman manis, seperti minuman dalam kemasan atau soft drink bersoda merupakan jenis minuman yang tinggi gula dan kalori. Anda harus menghindari minuman manis tersebut jika sedang menjalankan program diet sehat. Sebaiknya, ganti minuman Anda dengan teh hijau, karena minuman ini rendah kalori dan mengandung aneka manfaat sehat untuk tubuh.
  2. Khasiat Teh Hijau untuk Menurunkan Kolesterol
    Punya masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi? Anda harus segera mencari cara untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut jika tidak ingin terkena penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Western University of Health Sciences, California, teh hijau adalah minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL). Mengonsumsi 10 cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan kolesterol total secara optimal.
  3. Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit
    Masalah kulit tidak hanya terjadi pada kulit di sekujur tubuh saja, tetapi bisa juga terjadi pada kulit kepala, seperti ketombe. Menurut sebuah studi pada tahun 2007 yang dilakukan para peneliti dari Medical College of Georgia, teh hijau dapat menjadi pengobatan baru untuk masalah inflamasi kulit, seperti ketombe dan psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit kulit inflamasi  yang menimbulkan bercak kering dan kemerahan pada kulit, serta pengelupasan. Hal ini disebabkan oleh peradangan dan kelebihan sel-sel tertentu pada kulit. Teh hijau dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab inflamasi kulit dan mengontrol keberadaan gen yang mengatur siklus hidup sel-sel tersebut.
  4. Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Daya Ingat
    Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psycopharmacology di tahun 2014 menunjukkan bahwa teh hijau diklaim dapat meningkatkan fungsi kognitif otak manusia, khususnya untuk daya ingat. Selain itu, tim peneliti juga mengatakan bahwa teh hijau dapat dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan kognitif yang berhubungan dengan gangguan neuropsikiatri, seperti demensia.
  5. Khasiat Teh Hijau untuk Mengurangi Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung
    Journal of the American Medical Association pernah menerbitkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006. Studi ini menyimpulkan bahwa konsumsi teh hijau dikaitkan dengan berkurangnya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Studi yang dilaksanakan di Jepang ini diikuti oleh 40.000 peserta berusia 40-79 tahun yang mengalami masalah kesehatan pada jantung. Studi dilakukan selama kurang lebih 11 tahun lamanya sejak 1994. Peserta yang mengonsumsi setidaknya 5 cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibanding peserta yang hanya minum kurang dari satu cangkir teh hijau per hari.
  6. Khasiat Teh Hijau untuk Mengurangi Risiko Kanker
    Dewasa ini, masyarakat di Amerika Serikat memperbanyak konsumsi teh hijau untuk mencegah kanker. National Cancer  Institute pernah menyatakan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau terbukti dapat menekan pertumbuhan tumor. Para peneliti sangat percaya bahwa kandungan polifenol ini dapat membunuh sel-sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya.
  7. Khasiat Teh Hijau untuk Melawan Radikal Bebas
    Tidak hanya teh hijau, semua jenis teh memiliki antioksidan yang berasal dari vitamin dan kandungan utama teh hijau katekin yang terkandung di dalamnya. Antioksidan sangat baik untuk tubuh, karena dapat membantu menangkal radikal bebas. Begitu pula kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau, yakni dapat membantu menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan, kesehatan tubuh dapat terjaga.
  8. Khasiat Teh Hijau untuk Membantu Pembakaran Lemak
    Meminum teh hijau dalam keadaan perut kosong juga tidak perlu dikhawatirkan. Kafein pada teh hijau akan bekerja pada saat perut kosong. Kandungan kafein pada teh hijau ini dapat membantu proses pembakarn lemak yang ada pada tubuh.
  9. Khasiat Teh Hijau untuk Mencegah Kerusakan DNA
    Polifenol dalam teh hijau memiliki manfaat yang besar untuk mencegah terjadinya kerusakan pada DNA. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan polifenol dalam menangkap radikal bebas hidroksil atau OH.
  10. Khasiat Teh Hijau untuk Mengurangi Rasa Stress
    Masih berhubungan dengan otak, stress juga dapat ditimbulkan karena kerja otak. Adanya rasa beban berat, pikiran yang terlalu berat dan tekanan dapat menyebabkan seseorang menjadi stress. Biasanya orang akan mengkonsumsi coklat untuk obat stress karena coklat memang memiliki kandungan yang dapat mencegah terjadinya stress. Namun tidak hanya coklat, kandungan l teanin juga dapat membantu memberikan efek relaksasi dan mengurangi rasa stress yang dialami. L teanin dapat ditemukan pada teh hijau. Jika tidak memiliki coklat, stress dapat dihilangkan dengan meminum secangkir teh hijau.
  11. Khasiat Teh Hijau untuk Membersihkan Wajah Dari Jerawat
    Secara umum, antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau mampu menjaga kesehatan kulit dari penyakit kulit dan kanker. Lebih rincinya lagi, kandungan antioksidan dalam teh hijau mampu membersihkan kotoran yang menempel pada pori wajah yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat. Tidak perlu khawatir terkena jerawat, karena dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, otomatis wajah akan terhindar dari masalah jerawat.