10 Manfaat Daun Bidara bisa Perawatan kecantikan

10 Manfaat Daun Bidara bisa Perawatan Kecantikan – Bidara atau istilah ilmiahnya Ziziphus Mauritiana  menyerupai tumbuhan semak belukar dan proses pertumbuhannya terbilang cepat. Pohon ini memiliki banyak cabang dan ada duri tiap bagian kayunya. Sedangkan daun bidara berbentuk elips (seperti pada gambar) dan berwarna hijau mengkilap. Habitatnya adalah di daerah yang cenderung kering dan sedikit curah hujan.

Namun karena pohon bidara ini mudah sekali tumbuh, biasanya dari bekas-bekas penebangan tadi akan muncul tunas-tunas baru yang muncul. Selain itu juga tumbuh dari biji yang berasal dari buah bidara yang berguguran.

Perlu anda ketahui, pohon dan daun bidara beberapa kali disebut di dalam Al-Quran maupun hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut mencerminkan bahwa bidara ini memiliki kegunaan khususnya bagi muslim. Selain itu ternyata bidara juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang pertama dikonsumsi langsung atau dalam bentuk jus untuk menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung bermacam jenisnya dan juga penyebabnya. Salah satu yang paling memengaruhi adalah gaya hidup kita. Maka dari itu, kita harus memiliki gaya hidup yang seimbang dan konsumsi daun bidara dipercaya dapat mencegah dan mengatasi gangguan jantung.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang kedua adalah diaplikasikan pada luka untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan.

Selain itu, daun bidara juga dipercaya memililki senyawa yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan mencegah luka bakar meninggalkan bekas pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka lebih cepat juga berasal dari kemampuan daun bidara untuk mempercepat regenerasi kulit.

3. Mengatasi gangguan tidur

Manfaat daun bidara arab selanjutnya adalah dapat mengatasi gangguan. Cara menggunakannya adalah dengan cara mengonsumsi teh daun bidara. Teh daun bidara memiliki kandungan saponin sehingga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan sehingga dapat mengatasi masalah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

4. Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat buah bidara dan daunnya selanjutnya adalah untuk memelihara sistem pencernaan. Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya untuk kesehatan pencernaan adalah dapat dikonsumsi secara langsung, dengan cara meminum rebusan daunnya, makan buahnya, ataupun dengan mengonsumsi teh daun bidara.

Bidara dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Berbagai risiko gangguan pencernaan pun dapat diatasi.

5. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang lain adalah meminum air rebusan daun bidara secara rutin untuk menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes diharuskan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula lainnya untuk menstabilkan gula darah.

Selain mengatur pola makan, penderita diabetes umumnya juga menjadikan herbal sebagai salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah. Daun bidara dapat menjadi salah satu pilihan obat herbal tersebut.

6. Mengobat wasir

Manfaat daun bidara yang keenam adalah dapat mengatasi wasir. Penyakit yang satu ini memang bukan penyakit mematikan, tapi tetap saja amat mengganggu dan juga menyiksa penderitanya. Cara menggunakan daun bidara untuk wasir dapat dengan meminun air rebusannya secara rutin dan juga dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak.

7. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya selanjutnya adalah dengan membuat masker daun bidara untuk memelihara kulit wajah. Kandungan antibakteri dalam lidah buaya mampu untuk membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, bidara juga mampu membantu meremajakan kulit dan memberi perlindungan kulit dari sinar UV. Daun bidara juga membantu membersihkan wajah dengan lebih maksimal sehingga kebersihan dan kecantikan kulitpun terjaga.

8. Melancarkan haid

Manfaat daun bidara yang penting untuk wanita adalah dapat melancarkan haid. Daun bidara dapat membantu menyeimbangkan hormon yang dapat menjadi penyebab dari siklus haid menjadi tidak teratur. Cara untuk mendapatkan manfaat daun bidara adalah dengan meminun ekstrak daun bidara.

9. Membersihkan tubuh

Daun bidara juga dapat membersihkan tubuh dengan lebih maksimal. Hal inilah yang membuat daun bidara sering dijadikan sebagai bahan utama sabun. Selain itu, daun bidara juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah keputihan yang dialami wanita.

Manfaat daun bidara untuk membersihkan daerah kewanitaan kemungkinan tidak berbeda jauh dengan manfaat daun sirih. Pada dasarnya daun bidara memang dapat dijadikan sebagai antiseptik, sehingga tidak heran jika terdapat anjuran untuk membersihkan tubuh dengan daun bidara.

10. Menurunkan berat badan

Konsumsi daun bidara secara rutin juga diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Daun bidara membantu menurunkan berat badan dengan cara memberikan rasa lapar lebih lama dan juga membantu dalam pembakaran lemak. Cara menggunakannya adalah dengan meminun air rendaman daun bidara yang direndam semalaman atau dengan konsumsi teh daun bidara.