Manfaat dan Khasiat jagung bakar

10 Manfaat dan Khasiat Jagung Bakar untuk Kesehatan

Posted on

10 Manfaat dan Khasiat Jagung Bakar untuk Kesehatan – jagung salah sumber karbohidrat selain beras atau sagu. Jagung adalah salah satu makanan pokok orang Indonesia dan banyak digemari karena mengandung karbohidrat tinggi sehingga cepat membuat kenyang. ┬áJagung yang memiliki nama latin Zea Mays ini mengandung sekitar 69,1 gram karbohidrat per 100 gramnya, 9,8 gram protein, 7,3 gram lemak, dan 2,2 gram serat. Selain itu jagung juga mengandung beragam vitamin dan mineral seperti 30 mg kalsium, 538 mg fosfor, 2,3 mg besi, 79,3 mg kalium dan 3 mg vitamin C. Jagung dapat diolah menjadi beragam variasi masakan untuk mendapatkan manfaatnya baik itu makanan modern seperti pop corn maupun diolah menjadi jagung rebus, perkedel jagung, sayur bening ataupun jagung bakar

Khasiat Jagung Bakar Untuk Tubuh

Jagung bakar merupakan salah satu makanan kegemaran yang kerap dimasak ketika sedang berada di luar ruangan, kemping, atau dimakan ketika cuaca sedang dingin. Tidak hanya ada manfaat jagung untuk ayam, namun makanan ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah manfaat jagung bakar untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan mata

Khasiat jagung bakar yang pertama dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya sangat baik untuk menjaga dan melindungi mata. Mulailah untuk mengkonsumsinya agar mata anda tetap sehat.

2. Mencegah anemia

Anemia disebabkan karena kekurangan darah. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi jagung bakar ini. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya mampu mencegah penyakit kurang darah atau anemia.

3. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi tulang menjadi keropos. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan fosfor yang ada di dalamnya sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis sehingga tulang anda akan tetap kuat.

4. Mencegah kanker paru-paru

Kanker paru-paru ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi jagung bakar. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya mampu mencegah kanker paru-paru.

5. Mencegah radikal bebas

Kandungan vitamin C yang ada dalam makanan ini berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk mencegah radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh.

6. Menurunkan kolesterol dalam darah

Manfaat lainnya dari jagung bakar juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menurunkan kolesterol dalam darah sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

7. Meningkatkan daya ingat

Daya ingat akan semakin menurun ketika usia seseorang sudah memasuki 50 tahun ke atas. Untuk meningkatkan daya ingat bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu meningkatkan kekuatan memory atau daya ingat pada otak sehingga akan mencegah anda dari pikun.

8. Melancarkan sistem pencernaan

Mengkonsumsi jagung bakar juga akan bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika anda sering bermasalah dengan pencernaan yang tidak lancar maka bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan serat yang ada di dalamnya akan membantu sistem pencernaan menjadi lancar.

9. Baik untuk ibu hamil

Jika saat ini anda sedang hamil sebaiknya mulai mencoba untuk mengkonsumsi makanan ini. Kandungan asam folat yang ada di dalamnya terbukti sangat baik bagi ibu hamil. Oleh karena itu, mulailah mengkonsumsi makanan ini.

10. Sebagai menu program diaet

Program diet bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi jagung bakar. Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya berfungsi untuk menunda rasa lapar sehingga akan mencegah anda untuk terus makan secara berlebihan.