10 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

10 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

10 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan – Buah pir merupakan salah satu buah yang masuk dalam keluarga Pyrus, yaitu tanaman yang mudah tumbuh di berbagai belahan dunia, yaitu dari Eropa Barat, Afrika Utara sampai dengan Asia.

Namun siapa sangka manfaat buah pir ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Di balik buah yang berwarna kuning agak kecoklatan dan memiliki bintik – bintik coklat ini terdapat banyak sekali nutrisi dan kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh kita.

Banyak sekali cara mengkonsumsi buah pir ini dan kebanyakan dari masyarakat Indonesia sering mengkonsumsi buah pir ini secara langsung maupun di konsumsi dalam bentuk jus segar

 Berikut adalah beberapa manfaat buah pir yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya  :
  1. Buah pir dapat mencegah sakit tenggorokan, apabila buah pir diproses manjadi jus dan dicampurkan dengan madu, serta diminum hangat-hangat maka dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan dan membuat tenggorokan kembali lega seperti semula.
  2. Buah pir dapat mengendalikan kolesterol. Apabila tubuh kita memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka berakibat munculnya penyakit yang berbahaya, namun buah pir memiliki zat yang sangat bermanfaat dan dapat mengendalikan kolesterol dalam tubuh kita.
  3. Buah pir dapat menurunkan panas demam, ini karena kandungan air dalam buah pir dapat digunakan sebagai pengganti cairan tubuh, sehingga buah pir dapat digunakan sebagai penurun demam.
  4. Buah pir dapat mncegah penyakit kanker, ini karena buah pir memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga menjadikan buah pir sebagai senjata ampuh yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.
  5. Buah pir dapat mengendalikan tekanan darah, ini karena buah pir mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Antioksidan juga sangat bermanfaat untuk mengobati penderita hipertensi.
  6. Buah pir dapat melancarkan buang air besar, ini karena kandungan serat dalam buah pir dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit-penyakit yang dapat mengganggu sistem pencernaan kita seperti sembelit, diare ataupun wasir.
  7. Buah pir dapat membuang racun-racun yang terdapat dalam tubuh, ini karena buah pir mengandung glutathione. Zat ini sangat dibutuhkan untuk proses metabolisme organ hati yang berperan untuk memproses pembuangan racun di dalam tubuh.
  8. Buah pir dapat menjaga kesehatan kulit dan mata, ini karena kandungan vitamin A dalam buah pir sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, terutama bagi kaum wanita yang selalu ingin terlihat cantik, maka lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pir.
  9. Khasiat buah pir dapat mencegah sariawan, ini karena buah pir mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk mencegah datangnya sariawan. Selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga menjauhkan tubuh dari penyakit.
  10. Khasiat buah pir dapat menjaga kesehatan usus. Apabila kita mengkonsumsi buah pir secara langsung tanpa diproses maka kesehatan usus akan tetap terjaga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *